Stok Sembako di Anambas Cukup untuk Enam Bulan ke Depan
Oleh : Freddy
Selasa | 07-04-2020 | 08:52 WIB
pasar-anambas111.jpg
Bupati Anambas Abdul Haris meninjau pasar tradisional (Foto: Dok BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kepulauan Anambas memastikan sembako masih aman selama 3 bulan kedepan. Namun dikhawatirkan, kebutuhan komoditi dapur akan mengalami kendala.

"Untuk stok sembako masih masih aman. Dari hasil sidak di lapangan, ada sekitar 360 ton beras yang tersedia," ucap Kepala DKUMPP Kepulauan Anambas, Usman, Senin (6/4/2020).

Usman mengaku khawatir terkait ketersediaan komoditi dapur. Apalagi saat ini Pemda telah meminta sejumlah transportasi laut untuk berhenti beroperasi ke Anambas.

"Komoditi dapur, seperti cabai, bawang, tomat dan sayuran yang kita khawatirkan saat ini. Apalagi sejumlah transportasi laut dihentikan pelayarannya ke Anambas. Mudah-mudahan, para pedagang maupun pengusaha bijak menghadapi situasi saat ini," jelasnya.

Salah satu pedagang komoditi dapur di Pasar Tradisional Tarempa, Riki mengakui, sejauh ini para pedagang lebih mengandalkan feri cepat dan Pelni untuk membawa ketersediaan komoditi dapur.

"Kita mendatangkan barang dari Tanjungpinang, sehingga kita lebih mengandalkan feri cepat dan Pelni," terangnya.

Riki menambahkan, para pedagang saat ini memahami kondisi yang tengah terjadi di tanah air. Untuk itu pihaknya akan beralih menggunakan kapal kayu untuk membawa barang dari Tanjungpinang.

"Itu solusi terakhir untuk mengisi ketersediaah barang di pasar. Namun ini memiliki resiko, tetapi harus dilakukan. Kalau pun misalnya ada kelonjakan harga, mohon dimaklumi," ucapnya.

Editor: Surya