PLN Segera Bangun Tower Listrik di Desa Air Asuk
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 13-03-2020 | 17:16 WIB
tower-listrik.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - ULP PLN Tarempa segera membangun tower di Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah untuk memasok listrik. Hal tersebut diakui sebagai alternatif, mengingat Desa Air Asuk masih berdekatan dengan PLTD Ladan.

"Untuk pasokan listrik Desa Air Asuk, akan dikenoksikan dengan PLTD Ladan dengan menggunakan tower," kata Manager ULP PLN Tarempa, Hendrico, Jumat (13/3/2020).

Hendrico mengakui, pembangunan tower tersebut akan dilakukan pada tahun 2020. "Kita belum bisa memastikan waktu pembangunannya. Tetapi Desa Air Asuk merupakan salah satu desa yang masuk ke program Lissa (Listrik Desa)," jelasnya.

Sebelumnya, ibukota Kecamatan Siantan Tengah, Desa Air Asuk sampai kini belum bisa menikmati listrik selama 24 jam. Pasalnya, seluruh masyarakat di sana hanya mengandalkan mesin genset untuk penerangan.

Pun hanya beroperasi dari pukul 18.00 - 00.00 WIB. "Sudah lama kami mendambakan penerangan 24 jam di desa ini. Tetapi sampai saat ini belum terealisasi," keluh salah satu warga Air Asuk, Sudirman, belum lama ini.

Sudirman mengakui, aktivitas warga cukup terbatas akibat tidak ada penerangan. Bahkan, itu juga mengganggu jam belajar anak-anak.

"Selain itu, cukup mengganggu di roda pemerintahan seperti kecamatan dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas)," jelasnya.

Editor: Gokli