Reses di Anambas, Sturman Janji Berikan 25 Titik Internet
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 12-03-2020 | 14:28 WIB
sturman-reses-anambas.jpg
Wakil Bupati, Wan Zuhendra didampingi Wakil Ketua I DPRD Kepulauan Anambas, Syamsil Umri memberikan cendramata kepada Anggota Komisi I DPR RI Dapil Kepri, Sturman Panjaitan. (Foto: Fredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kepulauan Anambas meminta bantuan Anggota Komisi I DPR RI Dapil Kepri, Sturman Panjaitan untuk mendorong pemerataan akses telekomunikasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Japrizal, pada Temu Ramah dengan Sturman Panjaitan di Aula Siantan Nur, Kecamatan Siantan, Kamis (12/3/2020).

"Kami dengar, ada program "Merah Putih" di Kemenkominfo. Kami butuh sinergi dengan Pak Sturman, agar program tersebut terealisasi di Anambas," kata Wan Zuhendra.

Sementara, Japrizal, Kadiskominfotik Kepulauan Anambas menerangkan, pihaknya telah berkejar ke pusat maupun ke operator agar ada pemerataan akses telekomunikasi di Anambas.

"Kami rutin mengirim surat, rutin mengunjungi operator dan Kemenkominfo, namun belum ada arah yang jelas. Kami sebagai daerah kepulauan, sangat merasakan kesenjangan akses telekomunikasi. Apalagi dengan adanya program PRB, yang hanya terpaku di Ibukota Kepulauan Anambas ini. Bahkan itu menjadi masalah bagi kami. Karena masyarakat tahunya menuntut kami," paparnya.

Japrizal mengakui, kalau operator telekomunikasi yang ada saat ini lebih mengutamakan bisnis, bukan pemerataan akses telekomunikasi seperti program 'Merah Putih' di Kemenkominfo.

"Kalau operator selalu beralasan dengan jumlah pelanggan dan biaya operasional yang tidak tertutupi. Padahal, pada program 'Merah Putih', tidak ada lagi hitung-hitungan bisnis," kata Japrizal.

Untuk itu Japrizal berharap kepada Anggota Komisi I DPR RI, Sturman Panjaitan untuk membantu pemerataan akses telekomunikasi di Anambas. "Kami harap Pak Sturman bisa membantu kami. Karena Anambas ini juga sudah dikenal sebagai Pulau Eksotis dan Surga Tersembunyi," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Sturman Panjaitan mengakui kalau Komisi I DPR RI bermitra kerja dengan Kemenkominfo. Dia berjanji akan membantu Pemkab Anambas mendapat program 'Merah Putih' tersebut.

"Tolong siapkan semua dokumen, dan wilayah yang benar-benar butuh akses telekomunikasi. Nanti akan saya sampaikan ke Kemenkominfo," jelasnya.

Untuk tahap awal, kata Sturman, dirinya akan memberikan jatah 25 titik internet untuk Anambas. Menurutnya itu sebagai pendukung sejumlah wilayah untuk mendorong pariwisata.

"Saya dapat jatah 25 titik internet dari Kemenkominfo. Itu nanti akan saya berikan ke Anambas. Tolong siapkan dokumennya, agar persentasikan pembangunan dengan Kemenkominfo," ucapnya.

Sturman juga menyarankan Pemda Kepulauan Anambas, agar lebih bersinergi dengan masyarakat dalam memajukan sektor pariwisata.

"Tolong dibenahi dulu semua infrastruktur yang ada, dan libatkan masyarakat untuk memajukan pariwisata. Disana harus ada kuliner khas, ada cendramata dan kebudayaan. Pasti wisatawan semakin ramai. Kalau sudah ramai maka dengan sendirinya semua akan memperhatikan Anambas ini," tegasnya.

Editor: Dardani