Lewat Program Lissa, 14 Desa di Anambas Bakal Dialiri Listri 24 Jam
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 11-03-2020 | 17:29 WIB
lissa-anambas.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sebanyak 14 desa di Kepulauan Anambas akan mendapat penerangan selama 24 jam melalui program Listrik Desa (Lissa) yang diusung Kementerian ESDM RI.

Manager ULP PLN Tarempa, Hendrico menerangkan, saat ini pihaknya sedang mengawasi proses pemasangan jaringan listrik di 14 desa. Dan ditargetkan, sebelum bulan puasa mendatang, sejumlah desa itu akan mendapatkan pasokan listrik.

"Ada 14 desa yang sedang proses pemasangan jaringan listrik. Dan target kami, sebelum puasa sudah rampung," kata Hendrico, Rabu (11/3/2020).

Hendrico menguraikan, 14 desa yang mendapat program Lissa yaitu Desa Batu Belah, Belibak, Air Biru, Telaga Kecil, Air Putih, Impol, Munjan, Serat, Sunggak, Lingai, Keramut, dan Kiabu.

"Ini murni program nasional yang diinisiasi oleh Kementerian ESDM, yaitu Melistriki Nusantara. Dan tidak ada bicara keuntungan atau jumlah pelanggan," jelasnya.

Hendrico menambahkan, letak geografis wilayah Kepulauan Anambas merupakan kendala utama dalam perluasan jaringan. "Tetapi kendala itu terlupakan, karena semangat dan usaha PLN untuk menjalankan program dari Kementerian ESDM," ucapnya.

Hendrico menerangkan, sistem kelistrikan secara keseluruhan di Anambas menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). "Semua sudah disupport oleh Kementerian ESDM. Dan kami hanya menjalankan tugas untuk melayani masyarakat," ungkapnya mengakhiri.

Editor: Gokli