Buka MTQ VI Kabupaten Anambas, Abdul Haris: Lahirkan Qori dan Qoriah Beriman
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 10-03-2020 | 11:04 WIB
mtq-anambas1.jpg
Pembukaan MTQ VI Kabupaten Anambas. (Foto: Alfredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kepulauan Anambas secara resmi membuka MTQ VI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas, di Desa Air Asuk Kecamatan Siantan Tengah, Senin (9/3/2020) malam.

Pembukaan MTQ VI tersebut diiringi dengan pemukulan gong dan pengerahan piala bergilir dari juara bertahan MTQ 2018 lalu.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris berpesan, MTQ merupakan wadah untuk memupuk kegemaran untuk membaca dan memahami Alquran, sehingga bisa menjadi pedoman hidup.

"Itulah tujuan dari MTQ, melahirkan qori dan qoriah yang memiliki iman. Sehingga tidak tergoda dengan perkembangan zaman yang banyak pengaruh negatifnya. Kita sebagai orang tua, harus bisa membimbing generasi ini agar tidak terjerumus atau salah jalan," ujar Haris.

Sementara, Ketua LPTQ Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan, MTQ merupakan tradisi masyarakat Indonesia khususnya di Anambas. Dia berharap melalui MTQ mampu menambah daya kejut bagi semua insan.

"Jadikanlah MTQ ini sebagai sarana meningkatkan iman. Dan kita juga harus bisa mencapai tema MTQ tahun ini, yaitu membuka cakrawala hati, aman, damai dan madani sesuai RPJMD Kepulauan Anambas 2016-2021," ujarnya.

Wan Zuhendra juga menargetkan, Kepulauan Anambas harus memperbaiki peringkat pada perhelatan MTQ Tingkat Provinsi. Untuk itu, diharapkan qori dan qoriah sungguh-sungguh membaca dan memahami isi Alquran.

"Selain itu, kami juga akan melakukan pembinaan kepada qori dan qoriah yang nantinya menjadi perwakilan di Tingkat Provinsi," jelasnya.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana MTQ VI Kepulauan Anambas, Sahtiar menerangkan, selain meningkatkan keimanan masyarakat Kepulauan Anambas, tujuan MTQ juga ingin menyeleksi qori dan qoriah yang nantinya menjadi perwakilan Anambas di MTQ Provinsi Kepri.

"Bukan hanya pada MTQ, kami harap masyarakat Kepulauan Anambas semakin gemar membaca Alquran. Sehingga tercapai tujuan utama MTQ ini," jelasnya.

Sahtiar menguraikan, kalau peserta MTQ VI kali ini semakin bertambah yaitu sebanyak 244 orang.

"244 orang ini merupakan peserta dalam 13 perlombaan yang diselenggarakan pada MTQ kali ini," terangnya.

Editor: Yudha