Satu Unit Speedboat Terbakar Saat Mengisi BBM di Pelabuhan Pemda Siantan
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 27-02-2020 | 14:16 WIB
speedboat-terbakar-anambas.jpg
Suasana saat speetboar yang terbakar saat mengisi BBM. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satu unit speedboat terbakar ketika mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Pelabuhan Pemda Sri Siantan Kabupaten Anambas. Beruntung, api tidak menyebar kemana-mana dan tidak ada korban dari kejadian tersebut.

 

Jupri, seorang saksi mata mengatakan, speedboat tersebut sedang mengisi BBM di Pelabuhan Pemda Sri Siantan. Namun, tiba-tiba muncul api dan menyambar jerigen BBM tersebut.

"Api langsung membesar pada saat itu, dan pemilik kapal langsung membuang jerigen ke laut, agar api tidak semakin besar dan merembet ke kapal yang lain," terang Jupri, Kamis (27/2/2020).

Jupri menambahkan, ketika speedboat terbakar, banyak orang di pelabuhan yang panik dan ada juga berinisiatif mencari apar (tabung pemadam kebakaran).

"Kebetulan, Pelabuhan Pemda ini tak jauh dari Mako Lanal Tarempa. Ada delapan personil Lanal Tarempa yang datang, dan masing-masing membawa apar. Setibanya dilokasi, api langsung dipadamkan," tutur Jupri.

Adapun kronologis terjadinya kebakaran yang berhasil dihimpun yaitu, pada saat Asmawi (pemilik speedboat) mengisi bensin menggunakan BBM dalam jerigen 30 liter yang disedot dengan selang ke dalam tangki BBM sementara.

Kemudian, pada saat pengisian BBM tersebut, Asmawi juga menyambung kabel starter, dimana kabel tersebut berada disamping tanki BBM sehingga menimbulkan percikan api dan menyambar jerigen dan Tanki BBM sementara.

Mengetahui jerigen dan tanki BBM tersebut terbakar, Asmawi langsung membuangnya ke laut dan melepaskan ikatan tali speed boatnya agar tidak menyambar speed boat lain.

Kerugian Materil,1 buah Tanki BBM Speed Boat, 1 Jerigen berisi bensin 30 liter,1 buah alat starter. Pukul 09.45 WIB, Api berhasil dipadamkan dalam keadaan aman dan kondusif.

Editor: Dardani