Kominfotik Minta Masyarakat Anambas Bersabar

Dua Tower Penghubung PRB di Matak dan Jemaja Masih Progres Pembangunan
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 04-10-2019 | 12:04 WIB
pol-2-tower.jpg
Kabid TIK Polda Kepri saat meninjau pembangunan 2 tower penghubung PRB di Wilayah Hukum Polres Anambas. (kepri.polri.go.id)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Kepulauan Anambas meminta masyarakat Pulau Palmatak dan Pulau Jemaja bersabar menanti pemerataan akses telekomunikasi. Pasalnya, saat ini penyedia infrastruktur yaitu Moratel telah membangun tower.

"Saat ini Moratel sudah mulai membangun tower di Teluk Bayur, Kecamatan Palmatak dan Padang Melang, Kecamatan Jemaja. Tower ini akan menjadi perantara agar masyarakat Kecamatan Palmatak dan Jemaja bisa menikmati backbone Palapa Ring Barat (PRB)," kata Kadiskominfotik Anambas, Japrizal, Jumat (4/10/2019).

Japrizal mengakui, kendala pemanfaatan PRB di Palmatak dan Jemaja yaitu kondisi wilayah yang terdiri dari bukit, sehingga butuh infrastruktur tambahan untuk memancarkan Backbone PRB.

"Wilayah kita terdiri dari pulau-pulau, sehingga butuh biaya besar untuk memeratakan akses telekomunikasi. Untuk itu, kita dari Pemda mendorong operator melakukan pembangunan infrastruktur," ucapnya.

Japrizal mengakui, operator yang mulai melirik di Teluk Bayur dan Padang Melang yaitu Smartfren dan XL. "Siapa saja tak masalah, yang penting tujuan pemerataan akses telekomunikasi tercapai," ucapnya.

Editor: Gokli