Pemasok Peyek Teri dan Kerupuk Kulit Pisang ke Resort Pulau Bawah Gembira
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 03-10-2019 | 14:28 WIB
kirim-peyek-bilis.jpg
Proses pengiriman peyek dan kerupuk kulit pisang hasil tangan KWT Desa Telaga Siantan Selatan Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Empat kelompok wanita terampil (KWT) Desa Telaga, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Anambas, menjadi pemasok peyek bilis (ikan teri) dan kerupuk kulit pisang ke Resort Pulau Bawah.

Meski pengiriman dilakukan hanya sekali dua minggu, namun permintaan dari Resort Pulau Bawah tembus angka 20 hingga 30 kilogram.

Peyek ini hasil buah tangan ibu rumah tangga Desa Telaga, yang bergabung dalam KWT. Saat ini ada empat KWT di Desa Telaga. Permintaan peyek dan kerupuk dari Pulau Bawah akan dibagi rata ke empat KWT," kata Husni, perantara yang dipercaya KWT untuk mengirim peyek dan kerupuk ke Resort Pulau Bawah, Kamis (3/10/2019).

Husni mengakui, hasil tangan KWT tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, tidak menggunakan penyedap dan micin, sehingga Resort Pulau Bawah tetap percaya akan hasil KWT.

"Resort Pulau Bawah juga pernah menyampaikan bahwa banyak tamu yang tertarik melihat hasil tangan KWT Desa Telaga. Bahkan para tamu membawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Anambas," terang Husni.

Sementara Erni, salah satu ibu rumah tangga yang tergabung di KWT Desa Telaga, mengakui kalau pengiriman peyek dan kerupuk kulit pisang ke Pulau Bawah cukup membantu perekonomian masyarakat Desa Telaga.

"Harganya memang tidak mahal, kalau peyek seharga Rp 130.000 perkilogram dan kerupuk pisang cuma Rp 60.000 perkilogram. Tapi kami sangat bersyukur, karena pengiriman rutin dua kali sebulan. Dan itu dibagi dengan semua KWT Desa Telaga," terangnya.

Editor: Dardani