Kelangkaan BBM Jadi Kebiasaan

Pemkab Anambas Kembali Usulkan Pembangunan Depot BBM ke Pusat
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 27-09-2019 | 12:28 WIB
bbm-langka.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas kembali mengusulkan pembangunan depot bahan bakar minyak (BBM) kepada Pemerintah Pusat tahun anggaran 2020 mendatang.

Sejauh ini, Pemkab Anambas telah berupaya menemui pejabat yang memiliki kewenangan di pusat untuk merealisasikan pembangunan depot tersebut. "Kita sudah berkoordinasi dengan Pemprov Kepri mengenai usulan pembangunan depot BBM di Anambas melalui APBN, dan usulan itu sudah sampai ke pusat. Saat ini tinggal menunggu keputusan, karena pejabat yang memiliki kewenangan di pusat telah kita temui. Dan hasilnya memang positif. Mudah-mudahan segera terealisasi," kata Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, Jumat (27/9/2019).

Wan mengakui, Pemkab Anambas telah menyediakan lahan untuk pembangunan fasilitas depot BBM yaitu di Teluk Durian. Namun, lokasi tersebut masih dalam pertimbangan kelayakan lokasi.

"Nanti tim dari Kementerian akan turun untuk meninjau kelayakan lokasi. Kita juga masih menunggu kapan mereka turun ke lapangan," ucapnya.

Wan Zuhendra menyinggung, pada cuaca ekstrem, Kabupaten Kepulauan Anambas kerap mengalami kelangkaan BBM. Dan kejadian tersebut menganggu perputaran ekonomi di tengah masyarakat.

"Setiap musim cuaca ekstrem seperti angin kuat dan gelombang tinggi, Anambas sering mengalami kelangkaan BBM. Ini cuaca yang tidak bisa kita hindari, karena sudah menjadi langganan. Dan itu juga sudah sampaikan ke pusat, bahwa Anambas sering mengalami kelangkaan BBM. Karena kita harus mengambil BBM ke Natuna," jelasnya.

Editor: Gokli