Pemkab Anambas Setujui Hibah Lahan Pembangunan Lanudal
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 26-09-2019 | 16:52 WIB
tinjau-lahan-lanudal1.jpg
Kadishub Anambas, Danlanudal Matak bersama Tim Mabes AL tinjau lokasi hibah lahan untuk pembangunan Lanudal di Bandara Jemaja. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemkab Anambas menyetujui hibah lahan seluas 47.300 meter persegi di Bandara Letung kepada TNI Angkatan Laut. Lahan akan dipakai untuk pembangunan fasilitas militer Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal).

Rencana hibah itu sudah memasuki tahap pemaparan rencana proses hibah lahan, yang berlangsung di ruang VIP Bandara Jemaja, Anambas antara Pemkab Anambas yaitu Kepala Dinas Perhubungan, Andi Agrial dan Komandan Lanudal Matak Mayor Laut (T) Arief Gunawan kepada Tim Staf Logistik Mabes TNI AL.

Kepala Dinas Perhubungan Anambas, Andi Agrial dalam paparannya menjelaskan secara rinci proses hibah tanah seluas 47.300 meter persegi yang berlokasi di sisi barat ujung Runway 07 Bandara Letung.

"Lahan yang masih berupa hutan, permohonan tanah tersebut diperuntukan sebagai Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut. Mengingat Pulau Jemaja sangat strategis sebagai Pertahanan NKRI yang berbatasan langsung dengan Malayasia," ujar Andi.

Kegiatan paparan ini sebagai tindak lanjut dari hasil rapat antara Lanudal Matak dengan Pemkab Anambas.

Paparan dimulai pukul 15.30 dan berakhir pukul 17.00. Selesai paparan dilanjutkan peninjauan lokasi lahan dan dilanjutkan peninjauan fasilitas TNI AL yang berada di Pulau Jemaja.

Adapun Tim Mabes AL yang hadir yaitu Kolonel Laut (T) Eko Budi Utomo, Kasubdisfastanah Disfaslanal, bersama Letkol Laut (T) Ir Yudhi Pabandya Fastanah Slogal, Mayor Laut (KH) Nasimin, Pabanda Faswatpers Slogal dan Mayor Laut (T) Edi Susanto Kasisarpras Subdisbekcatek Disbekal. Dan Hadir pula dalam kegiatan tersebut Danposal Jemaja Lettu Laut (E) Ungkap Purba dan Ari Supriyono, Kabid Penataan Ruang dan Jasa Konstruksi DPUPR Anambas.

Editor: Yudha