Peringati World Cleanup Day, Pemkab Anambas Bersama Instansi Vertikal Gelar Bersih-bersih di Jalan
Oleh : Fredy Silalahi
Sabtu | 21-09-2019 | 10:04 WIB
anambas-bersih.jpg
Kegiatan bersih-bersih. (Fredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas bersama instansi vertikal serta organisasi kemasyarakatan gelar bersih-bersih lingkungan dalam memperingati World Cleanup Day 2019 di Wilayah Tarempa.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, meminta kepada peserta World Cleanup Day untuk membuktikan Anambas menjadi kabupaten yang bersih dan bebas dari sampah.

"Dengan langkah ini, kiranya dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah. Mudah-mudahan budaya bersih bisa diterapkan di tengah masyarakat," kata Haris, Sabtu (21/9/2019).

Selain itu, Haris juga mengimbau agar masyarakat mengurangi penggunaan kantong plastik. Karena sampah plastik butuh waktu sekitar 450 tahun untuk terurai.

"Saya harap semua masyarakat mengurangi penggunaan kantong plastik. Karena ini merupakan salah satu sumbangsih untuk menjaga kebersihan lingkungan. Perlu digaris bawahi, jangan membuang sampah ke laut, karena laut bukan tempat sampah," tegasnya.

Menjaga kebersihan lingkungan, kata Haris, merupakan salah satu langkah dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata. "Lingkungan yang bersih tentu akan jauh dari sumber penyakit. Selain itu, kebersihan juga merupakan dukungan dalam pengembangan sektor pariwisata. Kami harap lingkungan bersih ini selalu dijaga," jelasnya.

Pantauan di lapangan, aksi bersih-bersih itu dimulai dari Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa, menyebar ke Kampung Baru, Jalan Raden Saleh, Jalan Pattimura, Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Tanjung Lambai, Tanjung Tengah, Jalan Hang Tuah, Pelabuhan Tarempa dan Jalan Selayang Pandang.

Editor: Chandra