HUT TNI AL ke-74, Danlanal Tarempa Imbau Personelnya Implementasikan 5 Pesan KASAL
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 10-09-2019 | 10:16 WIB
hut-tni-al-anambas.jpg
Upacara HUT TNI AL ke-74 di Mako Lanal Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut ke-74, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa menggelar Upacara di Mako Lanal, Selasa (10/9/2019). Pada kegiatan tersebut, Danlanal Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam membacakan amanah KASAL, Nur Rochmad menyampaikan, TNI AL telah menunjukkan jati diri selama 74 tahun sebagai komponen pertahanan yang tangguh di tengah lingkungan strategis yang kian dinamis ancaman tradisional dan non tradisional pada lingkup nasional dan regional.

"Maka dari itu, kita dituntut untuk lebih perhatian dan melakukan tindakan mitigasi yang tepat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia, terutama pada pelaksanaan tugas sesuai Undang-undang. Seperti yang diamanatkan dalam pasal 9 Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, telah diatur tugas Angkatan Laut yaitu bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim serta pembinaan wilayah pertahanan laut," ujar Nur Rochmad Ibrahim, Selasa (10/9/2019).

Nur Rochmad menambahkan, kalau saat ini TNI Angkatan Laut telah mengorientasikan ulang strategi penggunaan kekuatan dan gelar operasi. Setiap KRI dan pesawat maritim yang ditunjang dalam peran pangkalan dalam melaksanakan patroli, perlu secara aktif terlibat dalam memastikan keamanan maritim di seluruh wilayah yurisdiksi nasional Indonesia.

"Selain itu, pasukan marinir juga berperan aktif dalam menjaga pulau-pulau terluar dan perbantuan dalam keamanan nasional. Selaras dengan itu juga, TNI Angkatan Laut selalu berusaha mendorong semangat kerjasama dan diplomasi maritim. Dengan gelar kekuatan ini, kita dapat memastikan tingkat kehadiran di laut kesiapan tempur dan kesadaran situasional yang tinggi pada wilayah yurisdiksi nasional Indonesia," ucapnya.

Nur Rochmad mengakui, program TNI Angkatan Laut yang selaras dengan visi Pemerintah Indonesia lima tahun ke depan yaitu peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia. "Karena itu merupakan bekal pokok di jalur kemajuan Bangsa Indonesia," tambahnya.

Nur Rochmad juga menyampaikan lima pesan KASAL yang harus diterapkan di tubuh TNI Angkatan Laut yaitu, pertama tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Kedua, jawab tantangan ke depan dengan upaya membangun SDM yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada sumpah prajurit, sapta marga, delapan wajib TNI, dan trisila TNI Angkatan Laut.

"Kemudian, kembangkan diri dan kesiapsiagaan untuk mampu menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dan dinamis dengan mengembang pola pikir, pola tindak yang adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif. Keempat, jalin persatuan dan kesatuan dengan semua lapisan masyarakat sebagai sistem kekuatan dasar pertahanan, dan jalin solidaritas dan sinergitas dengan kepolisian," imbaunya.

"Kelima, kembangkan intuisi dan naluri sebagai prajurit matra laut serta tanamkan nilai-nilai dan tradisi TNI Angkatan Laut dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya.

Usai menggelar Upacara, Danlanal dan seluruh peserta Upacara disuguhkan pertujukan pemasangan senjata laras pendek dan laras panjang oleh personil Lanal Tarempa. Kemudian dilanjutkan pemotongan tumpeng dan pemotongan kue HUT TNI ke-74.

Editor: Gokli