Kiriman dari Kalimantan

Sebagian Besar Wilayah Anambas Diselimuti Kabut Asap
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 09-09-2019 | 13:40 WIB
asap-anambas.jpg
Asap kiriman selimuti sebagian wilayah Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sebagian besar wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas diselimuti kabut asap pekat, yang diprediksi berasal dari Kalimantan.

Ini diakui berdampak pada jarak pandang transportasi laut dan udara, serta dikhawatirkan mengganggu pernapasan.

Kepala Stasiun BMKG Tarempa, Dudi Juhandinata mengakui, tiga hari belakangan ini sebagian besar wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas diselimuti kabut asap kiriman dari Kalimantan. "Kecepatan angin mencapai 30 knots perjam yang bergerak dari selatan. Sehingga asap kiriman dari Kalimantan menyelimuti wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas," kata Dudi Juhandinata, Senin (9/9/2019).

Dudi menyinggung, jarak pandang transportasi laut dan udara hanya mencapai 1 hingga 2 kilometer. Diharapkan para pengguna transportasi laut dan udara waspada.

"Kalau angin kencang seperti ini, biasanya kabut asap tak akan bertahan lama. Meski demikian, kami harap para pengguna transportasi laut dan udara tetap waspada," ucapnya.

Kejadian tersebut juga membuat kaget sejumlah pengguna transportasi laut. Pasalnya, dari Siantan kelihatan Pulau Matak. Namun kali ini benar-benar tertutup kabut asap.

"Bagi transportasi laut ini sangat mengkhawatirkan. Karena jarak pandang pendek. Kita harus hati-hati," serunya.

Sementara di tempat terpisah, petugas medis RSUD Tarempa mengakui kabut asap tersebut dapat mengganggu pernapasan. "Kalau beraktivitas di luar rumah, sebaiknya menggunakan pelindung seperti masker. Agar mengurangi dampak dari kabut asap," imbaunya.

Editor: Gokli