Ruas Jalan Hang Tuah Anambas Kian Sempit, Akibat Digunakan untuk Parkir Motor
Oleh : Freddy
Rabu | 07-08-2019 | 15:28 WIB
ruas_jalan_hang_tuah.jpg
Beginilah rua jalan Hang Tuah, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (foto: freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Jalan Hang Tuah, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas kian sempit karena banyaknya motor parkir di ruas jalan. Sehingga arus lalu lintas terganggu

Salah satu warga Desa Tarempa, Kecamatan Siantan, Rudi menerangkan kalau lahan parkir yang minim merupakan persoalan utama yang tak teratasi sampai saat ini. Sehingga mempersempit ruas jalan dan mengganggu arus lalu lintas.

"Kecamatan Siantan tepatnya Tarempa merupakan pusat perputaran ekonomi Kabupaten Kepulauan Anambas. Karena di situ ada Pasar Tradisional dan pertokoan, tetapi tidak didukung lahan parkir yang memadai. Tentu ini juga bisa mengganggu perputaran ekonomi," kata Rudi, Rabu (7/8/2019).

Rudi menambahkan, kondisi Jalan Hang Tuah kian sempit ketika KM Bukit Raya tiba di Pelabuhan Tarempa. "Ada hari-hari tertentu kendaraan sulit melewati Jalan Hang Tuah, karena banyak kendaraan yang parkir di ruas jalan," terangnya.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub LH) Kabupaten Kepulauan Anambas, Andi Agrial mengakui minimnya lahan parkir menjadi penyebab sempitnya arus lalu lintas.

"Kita sudah tak punya lahan lagi untuk membuat parkir khusus di Jalan Hang Tuah. Disatu sisi juga banyak pengendara yang tidak begitu disiplin memarkirkan kendaraan. Sehingga kita buat solusi menempatkan petugas parkir di Jalan Hang Tuah untuk merapikan kendaraan yang parkir sembarangan," jelasnya.

Editor: Surya