Jelang Idul Adha, Warga Anambas Khawatir Gagal Mudik Karena Kesulitan Transportasi
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 05-08-2019 | 16:16 WIB
pelabuhan-letung-anambas13.jpg
Pelabuhan Letung Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sejumlah warga Kabupaten Kepulauan Anambas mulai mengkhawatirkan ketersediaan transportasi menjelang Idul Adha. Ini mengingat kondisi cuaca yang mulai ekstrem dan jadwal pelayaran fery cepat tujuan Tanjungpinang - Anambas - Tanjungpinang belum mendapat kepastian.

"Informasinya fery cepat Tanjungpinang - Anambas - Tanjungpinang tidak beroperasi karena pertimbangan cuaca ekstrem. Sementara banyak warga yang ingin merayakan Idul Adha bersama keluarga," ujar Hery salah satu warga yang ditemui di pelabuhan saat memastikan jadwal pelayaran fery cepat, Senin (5/8/2019).

Kekhawatiran Hery, semakin bertambah ketika mendengar informasi transportasi antar moda Tarempa - Jemaja yang melayani penumpang maskapai Wings Air juga tidak beroperasi karena mempertimbangkan keselamatan pelayaran.

"Kondisi seperti ini yang sulit membuat keputusan. Sementara kita ingin berhari raya dengan keluarga di Tanjungpinang," terangnya.

Ketika disinggung menggunakan maskapai Xpress Air yang melayani penerbangan Tanjungpinang - Matak - Tanjungpinang, Hery mengaku terlalu berat pada harga tiket.

"Tiketnya tembus Rp 1.200.000, ini juga membuat bimbang. Beda dengan menggunakan feri cepat yang ekonomis. Dan lebih ekonomis lagi KM Bukit Raya, tetapi jadwalnya Senin (12/8) dari pulau ke Kijang, Bintan," jelasnya.

Sebelumnya, Transportasi laut dengan rute Tanjungpinang - Tarempa memutuskan tidak beroperasi pada hari Senin (5/8/2019), karena mempertimbangkan angin kencang dan gelombang tinggi. Pasalnya, sesuai rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kecepatan angin diatas 20 knots dan gelombang diperkirakan mencapai 2,5 meter.

"Untuk hari ini fery cepat yang melayani pelayaran Tanjungpinang - Tarempa tidak beroperasi, karena angin kencang dan gelombang tinggi," kata perwakilan PT Rempang yang merupakan agen pelayaran fery cepat rute Tanjungpinang - Tarempa, Senin (5/8/2019).

PT Rempang juga belum bisa memastikan kapan fery cepat akan beroperasi. Karena masih menunggu update cuaca dari BMKG.

"Untuk pelayaran hari Rabu (7/8/2019) juga belum bisa dipastikan," terangnya.

Editor: Yudha