Jalan Selayang Pandang Tarempa Selesai Diperbaiki, Kendaraan Roda 3 dan 4 Dilarang Melintas
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 25-07-2019 | 12:29 WIB
layang-pandang-rampung.jpg

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kendaraan roda empat dan roda tiga akan dilarang melintasi Jalan Selayang Pandang, Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. Hal itu mengingat kondisi jalan yang sudah mulai keropos, dan usulan anggaran perbaikan tak disetujui seutuhnya.

"Untuk perbaikan Jalan Selayang Pandang yang roboh akibat gelombang pada Januari 2019 lalu, sudah selesai. Kemungkinan awal Agustus sudah bisa dilalui para pengendara roda dua," kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas, Arman, Kamis (25/7/2019).

Arman menyinggung kalau anggaran perbaikan Jalan Selayang Pandang yang diusulkan mencapai Rp 5 miliar. Namun yang disetujui hanya Rp 2 miliar. Sehingga anggaran tersebut hanya sanggup membiayai perbaikan jalan yang rusak total.

"Hanya perbaikan yang rusak total saja yang disetujui. Sementara ada sekitar dua titik lagi yang masuk kategori rusak, karena retak dan tiang penyangga sudah mulai keropos. Solusinya, kita akan membatasi kendaraan untuk melintasi Jalan Selayang Pandang yaitu hanya roda dua saja," jelasnya.

Arman mengakui kalau masa perbaikan Jalan Selayang Pandang yang roboh akibat hempasan gelombang memakan waktu sekitar 6 bulan. "Perbaikan dimulai Februari hingga Juli 2019, dengan panjang jalan mencapai 100 meter," ucapnya.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas perkirakan kerugian Jalan Selayang Pandang yang runtuh dihempas gelombang pada 3 Januari lalu mencapai Rp 1,5 miliar. Pasalnya kerusakan Jalan Selayang Panjang meliputi tiang penyangga dan lantai sepanjang 16 meter.

"Jalan yang runtuh sepanjang 16 meter, dan kerugian diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar. Solusinya, kita akan melakukan rekontruksi kembali jalan yang rusak," kata Pelaksana Tugas DPUPR Anambas, Khairul Anwar, Selasa (15/1/2019).

Khairul mengakui, ada tiga titik jalan yang dilakukan rekontruksi termasuk jalan roboh. Mengingat kondisi Jalan Selayang Pandang sudah uzur, dan rawan ambruk. "Jalan yang butuh perbaikan sepanjang 100 meter yang terbagi tiga titik. Karena kondisi Jalan Selayang Pandang sudah rawan ambruk, dan banyak tiang penyangga terkikis gelombang. Untuk rekontruksi jalan secara keseluruhan ini butuh anggaran mencapai Rp 5,049 miliar," ujar Khairul.

Editor: Gokli