Persediaan Sembako di Anambas Dipastikan Aman Selama Bulan Ramadhan
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 08-05-2019 | 15:17 WIB
pasar-anambas11.jpg
Pasar di Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Kepulauan Anambas memastikan persediaan sembilan bahan pokok (Sembako) aman selama Bulan Ramadhan. Dengan catatan, cauca teduh dan transportasi laut berjalan lancar.

"Selama melakukan operasi pasar, persediaan sembako aman hingga dua bulan mendatang. Di sisi lain, transportasi laut baik dari Tanjungpinang dan Tanjung Priuk berjalan lancar, sehingga stok dipastikan melimpah," ujar Usman, Kepala DKUMPP Anambas, Rabu (8/5/2019).

Usman mengakui, sejauh ini juga harga sembako di Pasar Tradisional Tarempa masih normal dan belum mengalami kenaikan.

"Selama belum ada kenaikan dari Tanjungpinan dan Tanjung Priuk, harga sembako di Anambas tetap normal. Kita juga belum mengetahui menjelang hari Raya Indul Fitri, karena harga bisa berubah sesuai ketentuan pasar," ucapnya.

Usman juga mengimbau para pedagang agar tidak melakukan penimbunan pada Bulan Ramadhan. Dan wajar apabila para pelaku usaha maupun pedagang menyimpan stok untuk dua bulan kedepan.

"Pantauan kita di lapangan, gudang para pengusaha masih dalam kategori wajar. Mereka hanya menyimpan stok. Kami juga sudah mengimbau jangan dengan sengaja menyimpan barang di saat permintaan konsumen meningkat. Untuk memastikan itu, kami akan selalu melakukan pengawasan di lapangan," jelasnya.

Usman menyinggung harga komoditas dapur juga masih stabil, dan ketersedian barang masih normal. "Selama feri cepat Tanjungpinang-Tarempa beroperasi komoditas dapur tetap tersedia. Mudah-mudahan transportasi tetap lancar, dan cuaca tetap teduh," ungkapnya.

Editor: Yudha