PNS Anambas Diimbau Jadi Panutan Bagi Masyarakat Agar Taat Bayar Pajak
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 28-02-2019 | 11:16 WIB
abdul-haris-pajak.jpg
Bupati Anambas, Abdul Haris. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengingatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar menjadi panutan masyarakat untuk tertib bayar pajak. Pasalnya, kontribusi pajak terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sangat besar.

"Pegawai harus jadi panutan di tengah-tengah masyarakat, untuk taat pajak. Kita juga harus menyeimbangkan pelayanan kepada masyarakat, jangan hanya meminta masyarakat membayar pajak tetapi kita tidak berbuat apa-apa," tegas Abdul Haris di sela-sela rapat dengan Perwakilan Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Tanjungpinang di Aula Jalan Imam Bonjol Tarempa, Kecamatan Siantan, Kamis (28/2/2019).

Haris mengakui, penerimaan pajak dari wajib pajak tahun 2018 mengalami peningkatan. Di mana rencana penerimaan pajak sebesar Rp16,960 miliar terealisasi sebesar Rp17,892 miliar.

"Rasio kepatuhan wajib pajak menyetor kewajibannya sebesar 63,9 persen pada tahun 2018. Mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017 yang hanya 58,2 persen. Ke depan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak harus ditingkatkan melalui sosialisasi. Program penghargaan bagi taat pajak ini juga sudah cukup bagus, mudah-mudahan melalui penerima penghargaan ini bisa tersebar luas bagi masyarakat," jelasnya.

Haris menyinggung, penerimaan pajak pada hakikatnya untuk pembangunan Anambas. "APBD kita juga dibantu dari DBH pajak, dan itu juga yang kita manfaatkan untuk pembangunan daerah ini," ucapnya.

Sementara Perwakilan Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Tanjupinang, Purbangningsih Rahayu juga sependapat dengan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas. "Partisipasi bapak dan ibu membayar pajak juga menjadi contoh di tengah masyarakat. Kalau penerimaan pajak daerah tinggi, maka semakin besar juga yang didapatkan melalui DBH pajak," ucapnya.

Editor: Gokli