Menuju Kabupaten Sehat, Bupati Anambas Minta Semua Kalangan Harus Berkontribusi
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 26-02-2019 | 11:16 WIB
rakor-kabupaten-sehat.jpg
Bupati Abdul Haris, saat memimpin Rapat Koordinasi Kabupaten Sehat bersama Ketua Kabupaten Sehat dan Camat se-Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (26/2/2019). (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Untuk meningkatkan kabupaten bersih, nyaman, aman dan sehat menuju Kabupaten Sehat, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas berkomitmen mengevaluasi kekurangan. Salah satunya dengan menerapkan lingkungan bersih dari sampah dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun pusat kesehatan masyarakat.

"Untuk mencapai tujuan itu, kita harus melakukan evaluasi. Karena melalui evaluasi kita mengetahui kekurangan serta mendapatkan solusi. Program menjaga kebersihan sudah lumayan dan harus ditingkatkan lagi," kata Abdul Haris, saat memimpin Rapat Koordinasi Kabupaten Sehat bersama Ketua Kabupaten Sehat dan Camat se-Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (26/2/2019).

Haris juga berpesan kepada seluruh Camat agar bekerja maksimal untuk menjalankan program Kabupaten Sehat dan membedayakan masyarakat desa berpartisipasi menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan.

"Semua pihak harus berkontribusi dalam menjalankan program Kabupaten Sehat. Saya yakin, dengan demikian tujuan kita bisa tercapai," ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Herianto mengakui pihaknya terus berupaya melengkapi dan meningkatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan.

"Tidak bisa langsung, tetapi bertahap kita akan melengkapi fasilitas kesehatan dan sumber daya manusia (tenaga medis)," terangnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Andi Agrial mengakui, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya sudah meningkat. Namun perlu pengawasan dan regulasi.

"Regulasi seperti Perda sebagai acuan kita dalam menegur masyarakat yang belum sadar akan kebersihan lingkungan. Harapannya, melalui Perda itu juga, kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk membuang sampah pada tempatnya," jelas Andi.

Editor: Gokli