Danlanal Tarempa Ingatkan Semua Prajurit Jaga Netralitas di Pemilu 2019
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 31-01-2019 | 09:41 WIB
prajurit-lanal-tarempa.jpg
Danlanal Tarempa didampingi Palaksa cek kesiapan personil dalam pengamanan Pemilu 2019. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa, Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim menekankan personilnya menjaga netralitas pada Pemilu 2019, yang akan digelar 17 April mendatang.

Penekanan tersebut disampaikan Danlanal ketika memimpin Apel Gelar Pasukan di depan Mako Lanal Tarempa, Kamis (31/1/2019).

"Jaga dan pertahankan netralitas TNI, saya tidak ingin ada personil yang terlibat atau memihak. Kalau personil ketahuan terlibat atau memihak dan saya dapat laporan, siap-siap menghadapi sanski sesuai peraturan yang ada," tegas Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim.

Nur Rochmad juga berpesan, agar seluruh personil TNI AL Tarempa menjaga diri apabila terjadi hal-hal yang tidak diingin ketika terselenggaranya Pemilu. Dan, TNI juga memiliki tugas menjaga stabilitas masyarakat, menjaga ketertiban umum dan kondusifitas.

"Selain perang, tugas TNI juga harus menjaga kondusifitas seperti yang termaktub pada Undang-undang nomor 34 tahun 2004 dan TNI juga siap dalam menjaga ketertiban umum. Saya berpesan kepada personil TNI AL Tarempa, untuk menjaga diri kalau ada demonstrasi pada Pemilu nanti dam perli diingat, pergerakan atas dasar komando. Pegang teguh Sapta Marga dan jaga nama baik TNI," tegasnya.

Apel Khusus yang digelar serentak di Lingkungan Koarmada I tersebut, juga menggelar latihan pengamanan Pemilu, dan simulasi penanganan huru-hara. "Ini untuk mempersiapkan personil apabila terjadi hal-hal yang tidak diingini. Latihan ini juga digelar dari tanggal 28 Januari hingga 8 Februari. Dan saya yakin, Anambas tetap aman ketika menggelar pesta demokrasi. Ini berkaca dari pengalaman-pengalaman sebelumnya," ucap Nur Rochmad.

Editor: Gokli