BMKG Sebut Wilayah Perairan Anambas Tidak Terdampak Supermoon
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 21-01-2019 | 13:52 WIB
supermoon1.jpg
Imbauan waspada dampak pasang maksimun air laut akibat supermoon. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Tarempa mengakui wilayah Perairan Anambas tidak terkena dampak supermoon. Namun, Anambas diprediksi berpotensi hujan lokal dengan intensitas ringan dan sedang.

Supermoon berdampak terhadap pasang surut air laut cukup tinggi sebab fenomena tersebut terjadi di sela-sela purnama bulan.

"Wilayah Perairan Kepri relatif aman dari dampak supermoon. Sementara prospek cuaca beberapa hari ke depan diperkirakan umumnya berawan dan berpotensi hujan lokal intensitas ringan dan sedang pada pagi dan malam menjelang dini hari," ujar Prakirawan BMKG Tarempa, Samuel, Senin (21/1/2019).

Samuel tetap mengimbau, para masyarakat khususnya pengguna transportasi laut tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi dan angin kencang.

"Angin bertiup dari arah Utara ke Timur Laut dengan kecepatan 10 hingga 40 km/jam. Dan gelombang tinggi berpotensi hingga mencapai 2,5 meter," terangnya.

Samuel mengakui, tingginya pasang air laut di sungai Sugi, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan disebabkan oleh hujan dan pasang laut.

"Tingginya pasang laut di Sungai Sugi disebabkan oleh pasang air laut itu sendiri dan air hujan. Bukan karena dampak supermoon. Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan waspada," ucapnya.

Editor: Yudha