Pemkab Anambas Kucurkan Dana Rp5 Miliar Lebih Rekonstruksi Jalan Selayang Pandang
Oleh : Fredy Silalahi
Sabtu | 19-01-2019 | 09:16 WIB
rekonstruksi-100-meter.jpg
Jalan Selayang Pandang di Anambas runtuh setelah dua hari dihembas ombak. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Rekonstruksi Jalan Selayang Pandang di Kabupaten Anambas yang ambruk dihempas obak pada awal Januari 2019 lalu segera dilakukan. Dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan jalan ini mencapai Rp5,049 miliar.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Anambas, Khairul Anwar menjelaskan, kerusakan Jalan Selayang Pandang yang dihempas obak pada 3 Januari lalu mengakibatkan kerugian mencapai Rp1,5 miliar. Di mana, bangunan yang rusak meliputi tiang penyangga dan lantai sepanjang 16 Meter.

"Kita akan melakukan rekontruksi kembali jalan yang rusak," kata Khairul Anwar, Selasa (15/1/2019) lalu.

Khairul mengakui, ada tiga titik jalan yang dilakukan rekontruksi termasuk jalan roboh. Mengingat kondisi Jalan Selayang Pandang sudah uzur, dan rawan ambruk.

"Jalan yang butuh perbaikan sepanjang 100 Meter yang terbagi tiga titik. Karena kondisi Jalan Selayang Pandang sudah rawan ambruk, dan banyak tiang penyangga terkikis gelombang," ujar Khairul.

Khairul memprediksi, rekontruksi kembali Jalan Selayang Pandang butuh waktu sekitar 6 bulan. Nantinya, jembatan kayu dijadikan sebagai rekayasa lalu lintas.

"Ini sudah mulai pembangunan jembatan kayu, agar pengguna jalan tidak melintasi Jalan Pasir Merah yang terjal dan sempit. Kepada pengguna jalan kami harapkan bersabar menunggu jembatan kayu selesai," kata dia.

Editor: Gokli