Abdul Haris Resmikan Operasional Ferry Cepat Rute Tarempa-Jemaja Timur
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 16-01-2019 | 15:16 WIB
kapal-cepat1.jpg
Bupati Anambas, Abdul Haris didampingi Nasrul uji coba pelayaran kapal cepat rute Tarempa-Jemaja Timur. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris resmikan operasional fery cepat rute Tarempa-Jemaja Timur di Pelabuhan Pemda Kecamatan Siantan pada Rabu (16/1/2018).

Dalam amanahnya, Haris berharap kehadiran fery cepat rute Tarempa - Jemaja Timur bermanfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami dari Pemda sangat mengapresiasi pihak swasta yang mampu menghadirkan moda transportasi lintas pulau di Anambas ini. Mudah-mudahan kehadiran fery cepat ini bermanfaat bagi masyarakat serta meningkatkan kehadiran wisatawan," ujarnya.

Haris juga mengakui, kehadiran fery cepat tersebut merupakan wujud dukungan kepada Pemerintah Daerah untuk mempertahankan maskapai Wings Air yang melayani penerbangan Batam - Jemaja - Batam setiap Senin, Rabu dan Jumat.

"Selama ini perwakilan Wings Air mempertanyakan moda transportasi, karena penumpang mereka tergantung moda transportasi laut. Sekarang sudah terjawab. Artinya ada dukungan semua pihak yang berkesinambungan. Mudah-mudahan, frekuensi penerbangan Wings Air bisa bertambah," harapnya.

Sementara, Nasrul Arsyad, Penyedia Jasa Transportasi Laut mengatakan, bahwa sebelumnya rute Tarempa - Kuala Maras - Tarempa dilayani kapal speed dengan jumlah seat 70 orang. Namun yang sekarang dilayani kapal yang lebih besar dengan kapasitas penumpang hingga 160 orang.

"Ini merupakan komitmen kami untuk menjawab keluhan penumpang, yang selama ini was-was terhadap kapal yang kecil. Motto kami mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang, sehingga kami mengganti kapal yang lebih besar dari yang sebelumnya," kata Nasrul.

Nasrul juga meminta dukungan kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, agar pegawai yang hendak dinas luar menggunakan pesawat dari Jemaja. Mengingat biaya perjalanan juga yang tergolong lebih hemat.

"Saya meminta dukungan kepada Pak Bupati, kalau boleh pegawai yang dinas luar diarahkan melalui Jemaja. Sehingga ini berkesinambungan. Kami merasa terbantu, kemudian pegawai Pemda juga hemat biaya perjalanan dinas," ujarnya yang diamini oleh Haris.

Nasrul juga menyinggung, kapal speed kapasitas 70 speed tersebut akan dimanfaatkan sebagai transportasi laut lintas pulau.

"Kami berencana menggunakan speed lama untuk melayani rute lintas pulau di Anambas ini," ucapnya.

Editor: Yudha