Kerugian Capai Rp1,5 Miliar, DPUPR Anambas Rekontruksi Kembali Jalan Selayang
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 15-01-2019 | 14:04 WIB
jalan-selayang-runtuh.jpg
Jalan Selayang Pandang di Anambas runtuh setelah dua hari dihembas ombak. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas perkirakan kerugian Jalan Selayang Pandang yang runtuh di hempas gelombang pada 3 Januari lalu mencapai Rp 1,5 miliar. Pasalnya kerusakan Jalan Selayang Panjang meliputi tiang penyangga dan lantai sepanjang 16 meter.

"Jalan yang runtuh sepanjang 16 meter, dan kerugian diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar. Solusinya, kita akan melakukan rekontruksi kembali jalan yang rusak," kata Pelaksana Tugas DPUPR Anambas, Khairul Anwar, Selasa (15/1/2019).

Khairul mengakui, ada tiga titik jalan yang dilakukan rekontruksi termasuk jalan roboh. Mengingat kondisi Jalan Selayang Pandang sudah uzur, dan rawan ambruk.

"Jalan yang butuh perbaikan sepanjang 100 meter yang terbagi tiga titik. Karena kondisi Jalan Selayang Pandang sudah rawan ambruk, dan banyak tiang penyangga terkikis gelombang. Untuk rekontruksi jalan secara keseluruhan ini butuh anggaran mencapai Rp 5,049 miliar," ujar Khairul.

Khairul memprediksi, rekontruksi kembali Jalan Selayang Pandang butuh waktu sekitar 6 bulan. Dan jembatan kayu dijadikan sebagai rekayasa lalu lintas.

"Ini sudah mulai pembangunan jembatan kayu, agar pengguna jalan tidak melintasi Jalan Pasir Merah yang terjal dan sempit. Kepada pengguna jalan kami harapkan bersabar menunggu jembatan kayu selesai," ucapnya.

Editor: Yudha