Masyarakat Anambas Tak Perlu Khawatir, Sentra Oksigen di RSUD dan RSL sudah Beroperasi
Oleh : Freddy
Selasa | 15-01-2019 | 12:16 WIB
RSUD_tarempa.jpg
Sentra oksigen di RSUD Tarempa saat ini sudah beroperasi (Foto; Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) mengharapkan masyarakat atau pasien rumah sakit, tidak khawatir lagi terkait kekosongon oksigen.

Pasalnya, dua unit sentra oksigen yang bertempat di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Jemaja dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa sudah beroperasi.

"Sentra oksigen di RSL Jemaja sudah beroperasi sejak tahun 2017 lalu sedangkan sentra oksigen di RSUD Tarempa beroperasi pada tahun 2018. Kami berharap, masyarakat khususnya pasien rumah sakit tidak khawatir lagi terhadap stok oksigen," ujar Herianto, Kepala Dinkes PPKB Anambas, Selasa (15/1/2019).

Herianto menguraikan, sentra oksigen RSL Jemaja mampu menghasilkan 8 tabung per hari sedang kan sentra oksigen RSUD Tarempa mampu menghasilkan 12 tabung per hari. Menurutnya, oksigen yang berada di RSUD Tarempa juga mampu mengakomodir kebutuhan di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Palmatak.

"Kapasitas sentra RSUD Tarempa lebih besar, sehingga mampu mengakomodir kebutuhan oksigen di RSL Palmatak. Keadaan saat ini sudah lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, dimana kita hanya mengharapkan oksigen dari Tanjungpinang dan juga ketergantungan dengan transportasi," urainya.

Herianto optimis, agar tahun 2020 sentra oksigen di RSL Palmatak dapat didirikan. Pasalnya kendala yang dialami hingga saat ini yakni ketersediaan anggaran. "Kita lakukan bertahap menunggu waktu dan menunggu anggaran. Karena masih banyak yang perlu kita benahi di bidang kesehatan ini," jelasnya.

Herianto juga berharap kepada petugas medis agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. "Priotitas kami memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena kesehatan yang paling utama," ucapnya.

Editor: Surya