Abdul Haris Imbau Masyarakat Anambas Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Laut
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 02-01-2019 | 10:28 WIB
angin-1-6.jpg
Prakiraan BMKG untuk 1-6 Januari 2019, potensi angin kencang masih melanda wilayah Indonesia. (BMKG)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris sebarkan surat edaran kepada seluruh Camat, sebagai imbauan kepada masyarakat agar waspada terhadap gelombang tinggi dan angin kencang di Perairan Anambas?.

"Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa, diperkirakan gelombang tinggi disertai angin kencang. Untuk itu diimbau kepada seluruh masyarakat tetap waspada untuk melaut," ujar Abdul Haris, Rabu (2/1/2019).

Haris mengakui, imbauan tersebut telah diedarkan ke seluruh kecamatan dan desa, agar masyarakat pengguna transportasi laut dan nelayan waspada. "Intinya tetap waspada, kalau memang ada yang turun melaut, agar memakai rompi keselamatan (life jacket)," pesannya.

Bupati juga mengingatkan masyarakat khususnya yang berada di pesisir pantai juga waspada terhadap pasang laut serta hujan yang dapat mengakibatkan banjir rob.

"Waspada terhadap pasang laut dan hujan yang dapat mengakibatkan banjir ROB (Genangan air laut di darat) bagi penduduk pesisir pantai," imbaunya lagi.

Dari data BMKG Tarempa, cuaca Anambas pada umumnya diperkirakan berawan hingga hujan lokal intensitas ringan hingga sedang, disertai angin dengan kecepatan 5 sampai 40 Km/Jam yang bertiup dari Barat ke Utara.

"Tinggi gelombang mencapai 1 hingga 5 Meter. Ini sebagai peringatan dini kepada masyarakat agar waspada terhadap potensi tinggi gelombang mencapai 5 Meter dan angin kencang dengan kecepatan maksimum mencapai 25 Knot di wilayah Perairan Anambas," ujar Prakirawan BMKG Tarempa, Samuel.

Pantauan di lapangan, aktivitas nelayan dan transportasi laut khususnya di Tarempa terpantau sepi akibat angin kencang dan gelombang tinggi.

Editor: Gokli