Kebutuhan Gas di Kabupaten Anambas Tinggi, Kehadiran Depot Mini Mendesak
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 20-12-2018 | 14:52 WIB
depot-mini-gas1.jpg
Ilustrasi depot mini gas.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kebutuhan masyarakat terhadap gas ukuran 12 kg di Kabupaten Anambas masuk kategori tinggi. Pasalnya, kebutuhan gas di Anambas tembus angka 2.000 tabung per bulannya. Hal ini menjadi alasan distributor LPG mendesak Pertamina mendirikan depot mini di Anambas.

"Pemakaian LPG 12 kg di Anambas tergolong tinggi, karena setiap bulan ada 2.000 tabung yang kami salurkan kepada masyarakat Anambas yang tersebar di 5 kecamatan," ujar Afrizal, Distributor Gas LPG Anambas, Kamis (20/12/2018).

Afrizal menyinggung, pasokan gas berasal dari Jakarta yang diangkut menggunakan Tol Laut. Menurutnya, Anambas sudah sangat membutuhkan kehadiran depot mini di Anambas.

"Setiap pelayaran Tol Laut, kami mendatangkan sedikitnya 1.000 tabung gas dari Jakarta. Melihat letak geografis dan tingginya kebutuhan masyarakat akan gas, Anambas sudah layak memiliki depot mini," jelasnya.

Dia mengakui, bahwa pembangunan depot mini tergantung kemauan PT Pertamina. "Kita sudah beberapakali memaparkan letak geografis Anambas kepada Pertamina, agar berniat membangun depot mini. Tetapi belum terealisasi sampai saat ini," ucapnya.

Terpisah, Komisi II DPRD Anambas, H Dhannun menyampaikan bahwa hadirnya depot mini LPG di Anambas akan mengurangi biaya angkut. Pasalnya, Anambas merupakan salah satu daerah penghasil Gas Bumi.

"Kalau kita lihat teknisnya, pasti akan lebih hemat kalau ada depot mini di Anambas. Karena, Anambas merupakan penghasil Gas Bumi. Tentu biaya angkut dari sumur Gas menuju depot mini tergolong kecil dibandingkan ke luar daerah," jelasnya.

Dhannun menyesalkan, bahwa sampai saat ini hasil gas bumi dari sumur Anambas dikirim langsung ke Singapura.

"Ini akan lebih cocok kalau jalur pipa gas bumi dibagi, jangan ke luar negeri semua. Alangkah baiknya hasil bumi kita dirasakan masyarakat kita juga. Ini menjadi alasan kita bahwa depot mini sudah cocok hadir di Anambas. Kedepannya, kita akan memanggil dinas yang berhubungan, terkait usulan masyarakat ini. Kami juga dari DPRD akan mendorong hal ini segera terealisasi," tegasnya.

Editor: Yudha