Indikator Kinerja Rendah, 5 OPD Anambas dapat Bendera Hitam
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 29-11-2018 | 15:53 WIB
bendera-hitam1.jpg
Sejumlah Pimpinan OPD malah tersenyum menerima bendera hitam. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kepulauan Anambas mendapat bendera hitam, karena kinerja dinilai rendah. Pemberian bendera dilakukan Wakil Bupati, Wan Zuhendra pada saat Upacara Hari Korpri di Lapangan Kantor Sekretariat Pemkab Anambas, Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan.

"Pemberian bendera hitam ini bukan berarti untuk membuat malu didepan khalayak ramai. Tetapi ini sifatnua memberikan motivasi agar OPD yang dimaksud memperbaiki kinerja," kata Wan Zuhendra, Kamis (29/11/2018).

Adapun lima OPD yang mendapat bendera hitam yakni, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan peringkat 15, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik peringkat 16, Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga peringkat 17, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat peringkat 18 serta Sekretariat Pemkab Anambas peringkat terakhir.

Selain memberikan bendera hitam, Wan Zuhendra juga menyerahkan penghargaan kepada OPD dengan kinerja terbaik. OPD itu ialah, Inspektorat menempati peringkat pertama dengan poin 841, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan poin 791,33, Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan dengan poin 724,61, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Transmigrasi dan Tenaga Kerja 713,44.

Kemudian disusul Badan Keuangan Daerah dengan poin 712,56 dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian dengan Poin 702.

"Penilaian ini tidak sembarangan dilakukan, bahkan ada indikator yang harus dipenuhi," ujarnya usai memberikan penghargaan, Wan Zuhendra juga menyerahkan penghargaan satya lencana kepada 127 pegawai.

Editor: Yudha