100 Persen Warga Anambas Jadi Peserta BPJS Kesehatan
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 22-11-2018 | 20:05 WIB
100-persen.jpg
Bupati Anambas, Abdul Haris memberikan cenderamata kepada Kepala Deputi Direksi BPJS Wilayah Sumatera Bagian Tengah dan Jambi, Siswandi. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, merupakan Pemerintah Daerah pertama di Provinsi Kepri yang telah mendaftarkan 100 persen warganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Bupati Anambas, Abdul Haris menyampaikan, meski dilakukan secara bertahap, namun pelan tapi pasti, seluruh warga di Kabupaten Anambas tahun 2018 ini sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan. Tak hanya sekedar mendaftarkan, Pemkab Anambas juga komitmen untuk menanggung iuran semua warga sebagai peserta BPJS Kesehatan melalui dana bantuan Pemerintah Pusat.

"Tahun 2018 ini, sudah seluruh masyarakat Anambas terdaftar pada BPJS Kesehatan," kata Abdul Haris saat memberikan kata sambutan pada acara sosialisasi JKN BPJS Cabang Tanjungpinang, Kamis (22/11/2018).

Dikatakan Bupati, atas komitmen tersebut Kabupaten Kepulauan Anambas mendapat penghargaan Universal Health Converage (UHC) dari Presiden Republik Indonesia. Karena pada saat itu, sudah 95 persen penduduk Anambas terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

"Karena kesehatan merupakan salah satu visi-misi kami dalam memimpin Anambas," ujarnya.

Kepala Deputi Direksi BPJS Wilayah Sumatera Bagian Tengah dan Jambi, Siswandi mengakui, terhitung sejak tahun 2018 seluruh masyarakat Anambas menjadi peserta BPJS, yang iurannya ditanggung oleh Pemerintah Pusat.

"Masyarakat dapat pelayanan kesehatan tanpa harus mengeluarkan biaya, ini merupakan suatu prestasi. Namun kita menyadari, untuk Tarempa fasilitas kesehatan sudah membaik. Tetapi di pulau-pulau menjadi perhatian. Dengan keterbatasan ini, perlu sinergi Pemerintah Provinsi, Pusat dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)," jelasnya.

Usai program sosialisasi JKN bersama sejumlah masyarakat, Bupati dan Kepala Deputi BPJS melakukan peninjaun pasien ke Puskesmas Siantan, untuk memastikan para pasien sudah memiliki BPJS. "Ketika melakukan peninjauan, semua pasien di Puskesmas sudah memiliki BPJS," ucap Haris.

Seperti diketahui, jumlah penduduk Anambas mencapai 46 ribu jiwa, dan Pemkab Anambas mengakomodir sekitar 45 ribu jiwa penduduk (di luar ASN/PNS) pada golongan III dengan iuran Rp25.500.

Editor: Gokli