Tak Nyanyikan Lagu Indonesia Raya, Rapat Paripurna DPRD Anambas Kangkangi UU 24 Tahun 2009
Oleh : Alfredy Silalahi
Jum\'at | 02-11-2018 | 15:52 WIB
paripurna-dprd-anambas1.jpg
Sidang Paripurna DPRD Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas dalam rangka penyampaian rancangan peraturan daerah (Ranperda) penambahan penyertaan modal pemerintahan daerah pada Bank Riau Kepri dimulai tanpa menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pada Jumat (2/11/2018).

Padahal sesuai Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan telah diatur pada pasal 59 ayat 1d yang berbunyi Lagu Kebangsaan wajib diperdengarkan dan/atau dinyanyikan dalam acara pembukaan sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Dewan Perwakilan Daerah.

Dan pada pasal 65 juga ditegaskan, Warga Negara Indonesia berhak dan wajib memelihara, menjaga, dan menggunakan Bendera Negara, Bahasa Indonesia, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan untuk kehormatan dan kedaulatan bangsa dan negara sesuai Undang-undang ini.

Kepala Sub Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat DPRD Anambas, Firmansyah mengakui rapat paripurna biasa di DPRD tidak pernah menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

"Biasanya ketika paripurna istimewa saja yang ada menyanyikan Lagu Kebangsaan," ucapnya.
?
Editor: Yudha