Operasi Zebra Seligi 2018

Tak Pakai Helm, 25 Pengendara Motor di Anambas Dapat Teguran
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 31-10-2018 | 12:52 WIB
razia-anambas11.jpg
Operasi Zebra Seligi di Jalan Semen Panjang Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Anambas sedikitnya menegur 25 pengendara seda motor yang melintasi Jalan Semen Panjang, Kecamatan Siantan tanpa menggunakan helm.

"Ini masuk hari kedua Operasi Zebra Seligi 2018. Kali ini kita beroperasi di Jalan Semen Panjang, dan terdapat sebanyak 25 pengendara tidak menggunakan helm ketika berkendara," ujar Kaurbin Ops Satlantas Polres Anambas, Ipda Gunawan Husein, Rabu (31/10/2018).

Husein mengakui, kesadaran masyarakat untuk tertib berkendara masih minim. Namun dia meyakini, kesadaran tersebut akan bertumbuh secara bertahap dengan digalakannya pengawasan lalu lintas.

"Alasan pengendara tidak menggunakan helm ini klasik. Ada yang mengatakan lupa, ada yang bialng jatak tempuh dekat. Sebenarnya ini salah, selama kita mengendarai, kita harus menggunakan helm," jelasnya.

Husein mengakui, sejauh ini pihaknya belum bisa menerapkan tilang bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Pasalnya, di Anambas belum ada pengadilan.

"Ada pertimbangan lain, yakni di Anambas belum ada pengadilan. Sehingga kita memberikan teguran saja. Kita juga tekankan pengendara untuk mengutamakan keselamatan berkendara," tegasnya.

Yang menjadi sasaran prioritas ?dalam Operasi Zebra Seligi, lanjut Husein, yaknis pengemudi dibawah umur, pengemudi berkendara sambil menggunakan handphone, berkendara melawan arus, berkendara dengan berboncengan lebih dari dua orang, berkendara tidak menggunakan helm, berkendara mabuk karena pengaruh miras dan narkobas, serta berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

"Ini potensi menyebabkan laka lantas. Sebelum terjadi, kita lebih baik mencegah," imbaunya.

Editor: Yudha