Wan Zuhendra Pantau Pelaksanaan Pilkades Gelombang II di Anambas
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 28-10-2018 | 16:04 WIB
IMG-20181028-WA0033.jpg
Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra didampingi Kapolres Anambas dan Danramil Tarempa pantau proses Pilkades (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra memantau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Sri Tanjung, Kecamatan Siantan. Meski proses pemilihan cukup kondusif, Wan Zuhendra berharap proses penghitungan suara hingga penetapan Kepala Desa berjalan lancar.

"Alhamdulillah, Pilkades gelombang II tahun 2018 berjalan dengan lancar. Kita juga mengapresiasi pemahaman masyarakat dalam menjalani pesta demokrasi. Ini akan menjadi acuan dalam Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Mudah-mudahan partisipasi masyarakat dalam menjalankan pesta demokrasi tetap tinggi," ujarnya, Minggu (28/10/2018).

Pilkades gelombang II ini terdiri dari Desa Pesisir Timur, Sri Tanjung, Tarempa Barat Daya, Tarempa Timur dan Tarempa Selatan untuk Kecamatan Siantan. Desa Air Bini, Telaga dan Lingai untuk Kecamatan Siantan Selatan. Desa Serat, Temburun dan Air Putih untuk Kecamatan Siantan Timur. Desa Liuk dan Teluk Sunting untuk Kecamatan Siantan Tengah. Desa Putik, Payamaram, Teluk Bayur, Piasan, Matak, Belibak, dan Batu Ampar untuk Kecamatan Palmatak. Serta Desa Batu Berapit dan Landak untuk Kecamatan Jemaja.

"Ada 22 desa yang mengikuti Pilkades serentak gelombang kedua di tahun 2018 ini. Untuk Desa Telaga dan Lingai di Kecamatan Siantan Selatan sebelumnya diundur pemilihan kepala desa pada tahun 2017 kemarin," ujar Ody Karyadi, Kepala Dinas Sosial Perlindungan Anak Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Ody menerangkan tahapan Pilkades Gelombang II tahun 2018 terdiri dari pemilihan dan rekapitulasi yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober, dilanjutkan dengan pleno hasil terbuka hasil perhitungan suara tingkat desa dan pengesahan hasil perhitungan suara pada 29 Oktober 2018.

"Kalau ada yang protes ada masa penyanggahan selama 2 hari hingga 30 Oktober. Dan pelantikan dilaksankan ada tanggal 8 hingga 14 November 2018," terangnya.

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Junoto mengakui proses Pilkades Gelombang II tahun 2018 berjalan aman dan kondusif. Pihaknya juga menerjunkan 84 personil untuk mengawal proses Pilkades di 32 TPS.

"Dari 22 Desa yang menggelar Pilkades serentak, terdapat 32 TPS. Dan kita menurunkan 84 personil untuk mengawal proses Pilkades, agar tetap berjalan lancar, aman dan kondusif," ucapnya.

Editor: Surya