Pusat Kucurkan Rp 10 M

Jalan Nasional Kecamatan Siantan Anambas Butuh Perbaikan
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 20-02-2018 | 13:14 WIB
kondisi-jalan1.jpg
Kondisi jalan nasional di Kecamatan Siantan Kabupaten Anambas yang butuh pengaspalan. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Pusat hanya kucurkan anggaran berkisar Rp 10 miliar untuk mengaspal jalan nasional sepanjang 3 kilometer di Kecamatan Siantan. Padahal masyarakat sangat menanti-nanti jalan sepanjang 6,5 kilometer segera diperbaiki.

"Tahun (2018) ini Pemerintah Pusat ada mengucurkan dana sebesar Rp 10 miliar untuk memperbaiki jalan nasional sepanjang 3 kilometer. Ini untuk pelebaran jalan, memperbaiki jalan yang rusak total," ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Anambas, Khairul, Selasa (20/2/2018).

Khairul mengakui, anggaran perbaikan jalan nasional sebelumnya hanya dikucurkan Pemerintah Pusat di Kecamatan Palmatak. Menurutnya, Pemkab Anambas selalu melobi Pemerintah Pusat untuk pengaspalan jalan nasional di Anambas.

"Kita selalu melobi Pemerintah Pusat untuk pengaspalan jalan. Mungkin kondisi jalan nasional tidak bisa mulus secara total, namun harus bertahap. Karena butuh anggaran yang besar," jelasnya.

Dia menyinggung, pengaspalan jalan sepanjang 1 kilometer di Kabupaten Kepulauan Anambas butuh anggaran minimal Rp 7 miliar. "Untuk jalan nasional ini belum kita lihat rinciannya. Memang sudah tender pada Desember 2017 lalu. Namun belum berjalan hingga saat ini, bahkan pemenang kontrak belum ada melapor ke kita," singgungnya.

Pantauan di lapangan, kondisi jalan nasional Tarempa-Rintis di Kecamatan Siantan sepanjang 6,5 kilometer sangat memprihatinkan dan butuh perbaikan.

Editor: Yudha