Pemkab Anambas Alokasikan Rp 1,5 Miliar Akomodir Usulan Musrenbang Kecamatan
Oleh : Alfreddy Silalahi
Rabu | 14-02-2018 | 13:15 WIB
musrembang-jemaja1.jpg
Musrenbang di Kecamatan Jemaja beberapa waktu lalu. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas alokasikan anggaran Rp 1,5 miliar untuk mengakomodir usulan masyarakat hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kecamatan.

"Masing-masing Kecamatan Rp 1,5 miliar, jadi total anggaran untuk 7 kecamatan Rp 10,5 miliar. Di tahun sebelumnya memang program ini belum ada, tetapi ini akan mulai direalisasikan mulai tahun anggaran 2018," ujar Sekretaris Badan Penelitian Pengembangan dan Perencanaan Daerah (Balibangpeda) Anambas, Adies Syahputra, Rabu (14/2/2018).

Adies menerangkan, alokasi anggaran tersebut diprioritaskan untuk bidang pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur yang tak mampu diakomodir oleh dana desa (DD).

"Kami juga sedang merangkum skala prioritas usulan masyarakat pada Musrenbang kecamatan ini, sembari perbaikan volume dan perbaikan pagu indikatif. Namun kita tetap prioritaskan bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur yang tak bisa dibangun menggunakan DD,"terangnya.

Adies juga menyinggung, pihaknya membatasi usulan masyarakat yakni maksimum lima program dari setiap desa.

"Nanti kecamatan yang merangkum untuk evaluasi skala prioritas. Kita juga melihat dari 6 kecamatan yang telah melakukan Musrenbang, terdapat sejumlah usulan yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta adanya usulan sesuai hasil Reses DPRD. Mudah-mudahan usulan masyarakat ini juga tidak berubah ketika adanya Reses DPRD dan kunjungan Bupati. Sehingga semakin mudah untuk mengakomodir," jelasnya.

"Kalau misalnya berbeda usulan Reses DPRD dan kunjungan Bupati, kita akan evaluasi skala prioritas di tengah-tengah masyarakat, serta mempertimbangkan keuangan daerah," tambahnya.

Dia menjelaskan, untuk Musrenbang Kabupaten akan dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 14 Maret mendatang. "Kami sedang mempersiapkan Rancangan RKPD, Forum OPD dan Musrenbang Kabupaten dilaksanakan pada Maret," ungkapnya.

Editor: Yudha