Pemkab Anambas Wacanakan Bentuk Tim Survei untuk Tata Sungai Sugi
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 08-02-2018 | 18:26 WIB
nurdin-saat-mengunjungi-korban-banjir1.jpg
Gubernur yang didampingi Bupati Anambas Abdul Haris, meninjau titik-titik hantaman banjir di kawasan Tarempa (Sumber foto: Kepriprov)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas akan membentuk tim survei pemukiman di daerah aliran sungai (DAS). Hal tersebut bertujuan untuk menata kembali aliran sungai agar tidak tersumbat.

"Setelah bencana alam kemarin, kita mendapat pembelajaran yakni untuk menjaga DAS. Sehingga aliran air berjalan lancar dan tidak mengakibatkan banjir lagi. Untuk itu perlu dilakukan survei pemukiman pada daerah aliran sungai Sugi," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Kamis (8/2/2018).

Haris menambahkan, survei pemukiman tersebut untuk menata kembali aliran sungai yang sudah ditempati oleh warga. Menurutnya, rumah warga yang berada pada DAS akan dicarikan lahan baru untuk tempat tinggal.

"Kita lakukan survei dulu, kemudian akan mendata rumah yang benar-benar berada pada DAS. Dan rumah yang berada pada DAS akan kita pindahkan ke tempat baru. Semua warga tak ingin kejadian seperti itu terjadi lagi. Tetapi kita harus berbuat," jelasnya.

Haris menerangkan, tim survei akan terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum, Camat, Kepala Desa/Lurah serta masyarakat. "Tim ini akan menentukan rumah yang persis berada pada DAS. Kita tidak mau menggusur, tetapi untuk memperlancar aliran sungai. Ini untuk mengantisipasi banjir yang terjadi seperti beberapa waktu lalu," jelasnya.

Editor: Udin