Refund Tiket Sangat Lama

Masyarakat Anambas Keluhkan Buruknya Pelayanan Maskapai Express Air
Oleh : Alfreddy Silalahi
Senin | 05-02-2018 | 15:02 WIB
Express-Air11.gif
Express Air. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas mengeluhkan pelayanan maskapai Express Air. Pasalnya, selain rute penerbangan yang tidak menentu masyarakat juga mengeluhkan sistem refund tiket ketika gagal mengudara.

"Refund tiket saya belum diberikan oleh pihak maskapai. Padahal saya gagal berangkat karena penundaan keberangkatan pesawat rute Palmatak-Tanjungpinang. Dan ketika saya tanyakan kepada travel agent, pihak maskapai yang belum memproses refund," ujar Rohman, Senin (5/1/2018).

Rohman menambahkan, proses refund oleh calon penumpang terkesan diperlambat oleh pihak maskapai. Menjadi salah satu maskapai prioritas di Anambas, maskapai Express Air terkesan juga merajarela.

"Terkadang jadwal take off dan landing tak sesauai jadwal. Bahkan kebanyakan dari penumpang kecewa, karena pemberitahuan pembatalan penerbangan selalu telat. Kalau memang ada pembatalan penerbangan di beritahu sejak awal, sehingga calon penumpang tidak sibuk ataupun buru-buru menggunakan speed dari Tarempa ke Palmatak," terangnya.

Sementara Ombudsman Provinsi Kepri, Yusron Roni mangaku belum menerima laporan dari masyarakat maupun calon penumpang yang kecewa terhadap pelayanan maskapai Express Air.

"Terkait keluhan calon penumpang mengenai maskapai ini sebenarnya telah ditentukan dalam Peraturan Menteri Perhubungan, apakah bentuk kompensasi maupun pengembalian uang. Dalam hal ini, Ombudsman akan mengawasi penyelenggara pelayanan publik. Bahkan akan memberikan saran, serta manyampaikan laporan ini kepada DPR maupun Presiden," terangnya.

"Terkait keluhan calon penumpang maskapai ini, bisa saja kami tindaklanjuti. Tetapi kami menunggu laporan dari calon penumpang maupun masyarakat," jelasnya lagi.

Editor: Yudha