Antisipasi Bahaya Banjir dan Longsor, Gubernur Minta Dukungan Masyarakat Anambas untuk Relokasi
Oleh : Charles Sitompul
Jumat | 26-01-2018 | 18:26 WIB
nurdin-angkat-kotak.jpg
Saat mengunjungi korban korban banjir dan longsor di Tarempa dan Letung, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun ikut menurunkan bantuan-bantuan dalam kotak-kotak, baik yang ada di kapal ataupun menatanya di pelabuhan di Anambas (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, minta dukungan masyarakat terhadap program pemerintah, mengantisipasi ancaman banjir dan longsor. Solusi-solusi terbaik bagi masyarakat harus disegerakan untuk berbagai kemungkinan.

"Harus dicarikan solusi agar ke depan semakin baik. Lakukan pendataan dan pindahkan ke tempat yang layak," kata Nurdin melalui rilis yang diterima BATAMTODAY.COM, saat mengunjungi korban banjir dan tanah longsor di Tarempa, Anambas, Jumat (26/1/2018).

Gubernur yang didampingi Bupati Anambas, Abdul Haris, meninjau titik-titik hantaman banjir di kawasan Tarempa. Menggunakan sepeda motor trail, Nurdin memandu hingga ke kawasan rumah warga di perbukitan.

Nurdin kemudian melihat rumah seorang warga yang berada di atas alur air yang turun dari bukit tersebut. Nurdin berdialog agar mereka tidak berada di alur air lagi. Nurdin juga meninjau rumah warga yang tersapu bersih oleh derasnya air yang turun dari atas.

"Harus ada program perumahan. Pak Bupati mungkin bisa siapkan lokasi," kata Nurdin.



Kepada OPD terkait di Pemprov Kepri, Nurdin minta dikomunikasikan dengan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. Dukungan dari DPRD juga sangat diharapkan Nurdin.

Anggota DPRD Kepri dapil Natuna Anambas, Wan Norman Edi, Raja Astagena dan Taufik memang ikut serta dalam kunjungan Gubernur ke Kabupaten Anambas. Nurdin berkunjung memang ingin mengantar langsung bantuan untuk korban banjir dan longsor di Tarempa dan Letung.

Menggunakan KM Seven Stars Island, Nurdin bergerak dari Tanjunguban, Bintan, Kamis (25/1) tepat pukul 13.27 WIB. Delapan jam perjalanan, Nurdin dan rombongan tiba di Pelabuhan Tarempa.

Usai menjamakkan salat di Masjid Baiturrahim, Nurdin kembali ke kapal untuk memastikan bahan bantuan sudah diturunkan. Malah Nurdin ikut menurunkan bantuan-bantuan dalam kotak-kotak tersebut. Baik yang ada di kapal ataupun menatanya di pelabuhan.



Saat safari subuh, Nurdin menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp259 juta yang terkumpul saat memimpin rapat mingguan di Dompak. Bahkan, bantuan-bantuan dari masyarakat Kepri lainnya juga dibawa ke Anambas.

"Semua saudara kita merasakan hal ini. Semua ikut membantu," kata Nurdin. Selain ke Anambas, bantuan juga dikirim ke Tambelan. Nurdin berharap bantuan ini dapat meringankan beban.

Editor: Udin