DPRD Anambas Bentuk Pansus Nelayan Soal Penolakan Aktivitas Pukat Mayang
Oleh : Alfreddy Silalahi
Kamis | 25-01-2018 | 17:02 WIB
kapal-pukat-mayang1_(1)1.jpg
Kapal pukat mayang ancam mata pencaharian nelayan Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas bentuk Panitia Khusus (Pansus) nelayan, sesuai permintaan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Anambas pada Senin (22/1/2018) lalu. Pansus tersebut diketuai oleh ?Rocky Hasudungan Sinaga dari Fraksi Amanat Karya Indonesia Raya (Akir).

Rocky H Sinaga, Politisi Partai Golkar yang disetujui sebagai Ketua Pansus, mengatakan bahwa Pansus akan segera melakukan aksi (bekerja) ke lapangan.

"Ini maksudnya untuk mendengar keluhan para nelayan terkait aktivitas pukat mayang, penggunaan potasium, dan pengeboman ikan. Kemudian akan dilakukan koordinasi dengan dinas terkait baik di daerah maupun di provinsi," tegas Rocky, Kamis (25/1/2018).

Rocky juga menambahkan, Pansus juga menunggu perintah dari Unsur Pimpinan DPRD. Dan dia berharap seluruh Anggota Pansus bekerja dengan baik, sesuai yang diharapkan oleh masyarakat khususnya nelayan.

"Kami menunggu Surat Perintah Tugas (SPT) dari pimpinan dan segera melaksanakan tugas dengan maksimal. Kami juga meminta masukan dari para nelayan dan HNSI, karena ini untuk kepentingan orang banyak," jelasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Imran mengatakan akan segera memberikan SPT. "Dibentuknya Pansus ini diharapkan mampu menyelesaikan masalah yang diinginkan oleh masyarakat, khususnya nelayan. Maka kami juga akan segera memberikan SPT kepada Pansus, agar persoalan ini selesai," tegasnya.

Pansus Nelayan yang dibentuk yakni terdiri dari seleuruh Fraksi yakni, Rocky H Sinaga (Akir), Dhannun (PPP Plus), Syafrilis (PPP Plus), Ayub (PPP Plus), Yusli YS (PDI Plus), Julius (PDI Plus), Firman Edi (PBB), Dharusman (PBB), Muhammad Dai (Akir), Jasril Jamal (Akir), Tetty Hadiyati (Akir).

Pembentukan Pansus tersebut turut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Wakapolres Anambas Kompol Karyono, Pabung Kodim Natuna Mayor Harioko, dan Ketua HNSI beserta 50 anggota. ?

Editor: Yudha