Pulau Siantan Terendam Banjir, Sejumlah Perkantoran Juga Tergenang Air
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 15-01-2018 | 09:26 WIB
Banjir-di-Siantan.jpg
Air masih menggenangi salah satu sekolah di Tarempa (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Jalan Patimura, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, digenangi air setinggi dada orang dewasa. Hal ini terjadi akibat luapan sungai Sugi.

"Hujan lebat tak reda-reda dari pagi hingga malam. Ini membuat sungai Sugi tak mampu menampung air kiriman dari bukit, sehingga meluap ke rumah warga, ke sekolah, kantor Kejaksaan, kantor Polisi Sektor Siantan (Polsek), hingga kantor Bupati dan Puskesmas serta Kantor DPRD," ujar Afrizal, Warga Siantan, Senin (15/1/2018).

Kantor Bupati terendam banjir (Foto: Fredy Silalahi)

Afrizal menambahkan, air sungai meluap pada pukul 21.40 Wib, Minggu (14/1/2018) dan hingga pagi ini hujan masih mengguyur Pulau Siantan dengan intensitas sedang.

"Warga sempat khawatir dengan keadaan tersebut karena tak menyangka akan terjadi musibah ini. Mudah-mudahan musibah ini cepat berlalu. Hingga pukul 1.30 Wib hujan masih mengguyur Pulau Siantan dan banjir mulai melebar," terangnya.

Mapolsek Siantan tergenang air setinggi dada orang dewasa (Foto: Fredy Silalahi)

Sementara, Linda mengatakan Pulau Tarempa terakhir terendam banjir pada tahun 1984 silam. Menurutnya, seluruh warga Tarempa khawatir dengan kejadian tersebut.

"Setelah sekian lama, Tarempa kembali dilanda banjir. Ini membuat warga khawatir. Karena rumah di Pulau Tarempa berada di pesisir laut dan di bawah perbukitan. Mudah-mudahan musibah ini cepat berlalu," ujarnya.

Meski terendam banjir, warga memilih siaga di rumah masing-masing (Foto: Fredy Silalahi)

"Korban banjir di Tarempa juga masih menunggu air benar-benar surut. Dan kebanyakan dari mereka masih memilih siaga di rumah masing-masing," tambahnya.

Sedangkan, informasi yang dihimpun di lapangan, sejumlah sekolah di Tarempa, SDN 001, SDN 002 dan SMP 2 Siantan masih digenangi air. Meski demikian, siswa-siswi tetap hadir ke sekolah.

Editor: Udin