Cuaca Mulai Kondusif, Transportasi Laut ke Anambas Kembali Normal
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 08-01-2018 | 12:50 WIB
Feri-ke-Anambas.jpg
Ilustrasi - Kapal fery rute pelayaran Tanjungpinang - Tarempa, Anambas.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kondisi cuaca di Kabupaten Kepulauan Anambas sudah mulai kondusif. Bahkan, transportasi laut Tanjungpinang - Tarempa - Tanjungpinang yakni fery cepat sudah kembali beroperasi rutin.

Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa, angin bertiup dari Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan 5 hingga 20 Km/Jam. Sementara gelombang di perairan Anambas antara 0,1 hingga 0,75 meter.

"Kondisi cuaca sudah mulai kondusif, tidak seekstrem beberapa hari lalu yakni kecepatan angin tembus 40 Km/Jam diikuti gelombang mencapai 6 meter. Kondisi sekarang ini sudah dimanfaatkan nelayan untuk melaut," ujar petugas BMKG Tarempa, Samuel, Senin (8/1/2018).

Di tempat terpisah, Sabli salah satu nelayan di Tarempa juga mengakui telah pergi melaut untuk mencari ikan. "Alhamdulliah, nelayan sudah kembali melaut untuk mencari ikan," katanya, singkat.

Sementara, salah satu calon penumpang fery cepat Tanjungpinang - Tarempa, Gunawan mengakui fery cepat telah rutin melayani rute Tanjungpinang - Tarempa.

"Kondisi cuaca ekstrem sebelumnya membuat transportasi laut tertunda untuk berlayar, kecuali KM Bukit Raya. Hari ini fery sudah mulai berlayar, karena cuaca sudah kondusif," jelasnya.

Editor: Gokli