Kantor Trakindo Cabang Tanjungpinang Terbakar
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 01-03-2016 | 16:12 WIB
trakindo-terbakar.jpg
Kantor cabang PT Trakindo di Jalan DI Panjaitan km.9, Tanjungpinang yang terbakar. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor cabang PT Trakindo di Jalan DI Panjaitan km.9, Tanjungpinang diamuk si jago merah pada Selasa (1/3/2016) siang sekitar pukul 14.30 WIB. Sejumlah barang kantor seperti AC, komputer, kursi dan bangku yang berada di dalamnya hangus.

Kantor tersebut terbakar saat ditinggal karyawannya beristirahat siang. Warga Perumahan Taman Gurindam Permai, yang berada di dekat lokasi melihat asap mengepul dari dalam ruko kantor tersebut. 

Sekuriti perumahan bernama Ateng berinisiatif melaporkan hal itu namun mendapati kantor dalam keadaan kosong. Dia kemudian memadamkan saklar listrik yang berada di luar ruko.

"Selanjutnya,‎ kami langsung menghubungi pemadam kebakaran. Tak lama, dua karyawan kantor yang saat itu datang, langsung membuka pintu ruko dan saat dilihat, api sudah membesar membakar isi di dalam ruangan kantor," sebut Ateng, 

Ringgo Sitorus ‎dan Akbar, dua karyawan Trakindo mengaku, mengetahui kantornya terbakar, atas pemberitahuaan warga. Dan ketika membuka pintu kantor, seluruh isi ruangan sudah dipenuhi asap pekat. 

"Kantor tadi tutup dan tidak ada orang, kami tinggal karena istirahat makan sebentar," ujar Ringgo yang mengaku sebagai warehouse man di perusahaan alat berat cabang Tanjungpinang itu. 

Seketika, tambah Akbar dan Ringgo, dibantu sekuriti perumahan, mereka langsung menyemprotkan racun api yang tersimpan di dalam kantor ke kabel dan kursi yang sudah terbakar di dalam satu ruangan. 

Sementara itu, atas laporan warga, sebanyak tiga mobil Pemadam Kebakaran Kota Tanjungpinang turun ke lokasi. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang Agusnawarman, mengatakan, atas laporan warga 10 menit sebelumnya, pihaknya langsung turun dengan membawa 3 mobil damkar untuk melakukan pemadaman. 

"Kami dilapori ruko deretan Prata Roy, bayangan kami ruko di daerah ini sangat panjang, sehingga 3 mobil kami turunkan," ujar Agus. 

Beruntung, ketika sampai di lokasi, api sudah dapat dipadamkan karyawan kantor dan sekuriti perumahan dengan menggunakan racun api yang tersedia di dalam kantor. 

Kendati tidak ada korban dalam kebakaran ini, namun pihak kantor cabang PT Trakindo Tanjungpinang ini ditaksir mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Sedangkan untuk proses lebuh lanjut, saat ini anggota Polsek Tanjungpinang Timur, bersama Babin Kamtibmas Polres Tanjungpinang, telah melakukan olah TKP dan penyelidikan penyebab kebakaran itu.

Editor: Dodo