Waspada Gelombang Tinggi kawasan Perairan Batam dan Bintan
Oleh : Ismail
Sabtu | 16-12-2017 | 13:38 WIB
Ombak-tinggi12.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memperingatkan agar masyarakat yang beraktifitas di laut agar waspada terhadap angin kencang dan gelombang laut diseluruh wilayah Perairan Kepulauan Riau.

Seperti dirilis di laman resminya, tinggi gelombang untuk kawasan perairan Batam-Bintan mengalami tinggi gelombang 1,2 meter. Sedangkan, untuk perairan Kabupaten Lingga setinggi 1 meter, sementara kawasan selat berhala seikitar 0,8 meter.

"Sebagai catatan tinggi gelombang bisa mencapai 2 kali lipat dari yang tertera di atas," tulis BMKG dalam rilisnya, Sabtu (16/12/2017).

Selain itu, untuk kondisi cuaca BMKG juga meramalkan untuk ketiga wilayah tersebut berpotensi mengalami hujan lokal. Ini disebabkan kondisi permukaan di wikayah tersebut terdapat adanya daerah belokan angin (shearline) di wilayah Kepulauan Riau hingga menyebabkan perlambatan angin yang mendukung pertumbuhan awan-awan.

Oleh karena itu, BMKG Tanjungpinang mengimbau bagi masyarakat pengguna transportasi laut dan nelayan agar berhati-hati menghadapi siklus cuaca yang seperti ini. Tingkatkan kewaspadaan terhadap gelombang tinggi dan angin kencang yang dapat terjadi secara tiba-tiba.

Editor: Yudha