Besok, Dinkes Tanjungpinang Kukuhkan 4 Kampung KB
Oleh : Habibie Khasim
Selasa | 10-10-2017 | 18:26 WIB
Kadinkes-TPI,-Rustam-400x1921.gif
Kepala Dinas Kesehatan Dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari, dikukuhkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB), Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang akan menambah koleksi Kampung KB di beberapa kecamatan yang ada di Kota Tanjungpinang.

Kegiatan itu kata Kepala Dinas Kesehatan Dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam akan dilakukan besok, Rabu (11/10/2017).

Rustam yang diwawancarai, Selasa (10/10/2017) mengatakan, Kampung KB akan ditambah 4 lagi dan terletak di beberapa kecamatan. Mulai dari Dompak Lama, Kampung Bulang Laut dan Kampung Jawa serta Sungai Ladi Kampung Bugis.

"Kita targetnya tahun ini untuk Kampung KB, satu kecamatan satu kampung. Ini untuk lebih memperkuat program KB menuju masyarakat sejahtera di Tanjungpinang," tutur Rustam.

Yang dinobatkan menjadi kampung KB diterangkan Rustam, memanglah daerah yang dinilai kumuh, daerah yang didominasi oleh warga miskin, daerah pesisir yang padat dengan penduduk dan kepesertaan KB kurang.

"Jadi memang program ini dilakukan di daerah kumuh dan banyak warga miskin dengan tujuan untuk mengintervensi mereka agar merubah pola pikir dan pola hidup agar mampu sejahtera. Ada intervensi kesiapan KB dan sektor lain kepada masyarakat agar tergugah merubah nasib mereka, jadi akan banyak kegiatannya nanti di sini," terang Rustam.

Target dari kampung KB ini yang paling utama tentunya menyadarkan masyarakat untuk ber-KB. Sehingga, goalnya adalah setiap orang tua di kampung tersebut mulai menyadari bahwa KB itu bagus dan mereka akhirnya semua ber-KB.

"Di sini nantinya akan diberikan bimbingan via pelatihan, workshop dan bantuan, tergantung permasalahan mereka. Setelah itu tentunya, target kita semua warga yang berada di kampung tersebut ber-KB dan diharapkan jangka panjang," kata Rustam.

Editor: Udin


BNN-KEPRI