Positif Gunakan Narkoba, BNN Kepri Amankan 57 Orang dari Kampung Aceh Batam
Oleh : Hadli
Senin | 09-10-2017 | 15:02 WIB
pecandu-narkoba1.gif
Sebanyak 57 orang yang positif menggunakan narkoba diamankan BNN Kepri. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan pria dan wanita digelandang ke kantor Badan Narkotika Nasional Kepri dari Kampung Aceh, Muka Kuning, Kecamatan Sagulung. Mereka terjaring razia Operasi Bersinar (Bersih dari Narkoba).

"Semuanya ada 57 orang yang terdiri dari 50 orang laki-laki, sisanya 7 orang perempuan," kata Kabid Rehabilitasi BNNP Kepri, Ali Chozin digedung BNN Kepri, Senin (9/10/2017) siang.

Razia yang digelar, tambahnya tidak didapati barang bukti, namun puluhan orang yang diamankan tersebut semuanya positif narkoba. Mereka rata-rata warga setempat dan warga lain yang tengah berada di lokasi.

"Untuk barang bukti ada apa tidak sejauh ini saya belum terima laporannya. Bila ada tentunya saat ini masih dikembangkan. Tapi semuanya positif gunakan narkotika mengandung metavitamin dan psikotoprika jenis sabu-sabu," ungkap Ali kembali.

BNN, kata Ali akan melakukan asesmen kepada para pecandu ini untuk diketahui sejauh mana kadar narkoba pada tubuh masing-masing. Hasilnya nanti, bila mendapati kadar narkoba yang sedang dan berat, maka akan direhab inap di loka rehabilitasi milik BNN di Batam.

"Untuk kategori kecanduan ringan akan direhab jalan. Wajib lapor untuk diketahui perkembangannya sebelum dan sesudah direhab sesuai UU 35 nomor 29," ujar Ali.

BNN Kepri saat ini masih melakukan pendataan satu persatu pencandu yang terjaring razia. Sebelum menjalani asesmen, para pecandu ini mendapat makan siang yang disipakan BNN Kepri.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI