Mobil Otonom Google Dikabarkan Meluncur Tahun Ini
Oleh : Redaksi
Kamis | 05-10-2017 | 10:26 WIB
Google-Waymo.jpg
Mobil tanpa pengemudi, Google Waymo. (indianexpress.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mobil tanpa pengemudi kemungkinan sudah akan beroperasi tahun ini. Dua sumber anonim mereka menyebutkan kalau divisi mobil tanpa pengemudi Google Waymo tengah bersiap meluncurkan layanan ride-sharing komersil menggunakan kendaraan tanpa pengemudi dalam beberapa bulan ke depan.

Tak ada yang dapat memastikan kalau Waymo akan mencapai target ambisius ini. Tetapi ini menjadi tanda kalau Waymo optimis kalau teknologinya makin siap untuk digunakan secara komersil.
Kemungkinan Waymo akan memperkenalkan jaringan tanpa pengemudi mereka pada 2018 jika rumor peluncuran tahun ini tak benar.

Masih berdasarkan laporan The Information, CEO Waymo John Krafcik mendapat tekanan dari CEO Alphabet, Larry Page untuk menerapkan teknologi Waymo ke kapal.

Google sepertinya akan meluncurkan mobil otonomnya ini di Phoenix, Arizona. Alasannya persoalan cuaca yang lebih ramah, jalan yang lebar dan rapi, jarang pejalan kaki, serta aturan daerah yang lebih permisif terhadap kendaraan otonom.

Waymo bahkan membuat "call center" untuk mobilnya jika mereka menghadapi situasi yang membingungkan di jalan. Operator manusia akan memberi saran terbaik bagi mobil otonom tersebut.

Meski demikian, pengembangan Waymo memang belum sempurna. "Saat Waymo diuji di Phoenix awal tahun ini, pengemudi kadang harus mengambil alih kemudi lantaran operator terlalu lama menjawab pertanyaan mobil otonom," seperti dilaporkan The Information.

Sementara itu, pengembang kendaraan otonom lain baru berencana meluncurkan mobil otonom mereka pada 2020, 2021, atau setelahnya. Banyak pula perusahaan otomotif yang bekerjasama untuk mengembangkan kendaraan otonom ini, demikian Arstechnica.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli


BNN-KEPRI