Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Taekwondo Karimun Utus 18 Atlet di Ajang Bharaduta Open 2017 Jakarta
Oleh : Wandy
Kamis | 28-09-2017 | 11:14 WIB
udin-3.jpg Honda-Batam
Acara pelepasan para taekwondoin, coach, manager dan official Pengkab TI Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia (Pengkab TI) Karimun yang difasilitasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengirimkan 18 atletnya untuk berlaga pada ajang Bharaduta Open 2017 pada 29 September - 1 Oktober 2017 di Gedung POPKI Cibubur, Jakarta Timur.

Acara pelepasan para taekwondoin, coach, manager dan official Pengkab TI Karimun itu sendiri dilakukan di rumah dinas Bupati Karimun, Kamis (28/9/2017) oleh Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, serta dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Karimun, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Karimun dan Kadispora Karimun, yang diwakili Kabid Pemuda dan Olahraga Agusman.

Ketua Umum Pengkab TI Karimun, Muhammad Firmansyah melalui sekretarisnya, Khoiruddin Nasution, mengatakan bahwa jumlah atlet, coach, manager dan official Pengkab TI Karimun yang ikut di kejuaraan Bharaduta Open 2017 itu sebanyak 30 orang.

Untuk atlet katagori prestasi, katanya lagi, baik kyorugi maupun poomsae, Pengkab TI Karimun mengutus 3 atlet yang tentunya diharapkan mampu menyumbangkan medali emas pada kejuaraan tersebut. Sedangkan sisanya merupakan atlet kyorugi putra dan putri pada katagori pemula.

"Pertama dan yang paling utama, segenap pengurus beserta orang tua taekwondoin yang bernaung di bawah panji Pengkab TI Karimun, mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Ketua Umum dan khususnya kepada Ketua Harian Pengkab TI Karimun, Bapak Ady Hermawan yang telah rela menyalurkan dana aspirasinya selaku anggota DPRD Karimun, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dan bisa kami ikuti sebagaimana mestinya," bebernya.

Lebih jauh dikatakan, niat tulus Ketua Umum dan terkhusus Ketua Harian Pengkab TI Karimun untuk memajukan cabang olahraga (cabor) Taekwondo di Karimun, menjadi cemeti bagi para praktisi dan pelatih untuk menciptakan atlet berprestasi yang mampu mengharumkan Karimun, tidak hanya ditingkat nasional namun bahkan sampai ke tingkat internasional.

"Keikutsertaan Karimun di ajang tingkat nasional di Ibukota RI ini sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi, di samping mengasah kemampuan para atlet, setelah sebelumnya dari 34 atlet yang dikirim, memperoleh 12 emas, 13 perak dan 9 perunggu pada kejuaraan tingkat nasional 'KEPRI OPEN TAEKWONDO CHAMPIONSHIP' pada tanggal 04-06 November 2016 lalu di Harbour Bay Mall Kota Batam," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Udin ini menjelaskan, kejuaraan Bharaduta Open 2017 ini merupakan kejuaraan yang diselenggarakan Alumni Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri Angkatan 2003, atau yang lebih dikenal dengan istilah Bhayangkara Dua Tiga serta disingkat dengan Bharaduta.

Kegiatan ini pun juga dapat terselenggara berkat dukungan Mabes Polri, Kemenpora serta Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) di Jakarta.

Sedangkan total keseluruhan atlet kyorugi dan poomsae yang mengikuti kejuaraan ini berjumlah 2.722 atlet dari 136 dojang yang ada di 15 Provinsi se-Indonesia.

"Jika kami mendapatkan medali lebih dari target yang direncanakan, maka hal itu merupakan sebuah kebanggaan dan keberhasilan bersama. Sebab dukungan yang begitu besar dari Dispora, KONI dan orang tua serta seluruh pihak kepada Cabor Taekwondo di Karimun ini tidak akan cukup jika hanya diucapkan dengan kata-kata, di samping jerih payah para pelatih mempersiapkan atletnya melalui program Training Centre (TC) yang juga patut diberikan apresiasi dan acungan dua jempol," ulasnya.

Namun jika medali yang diperoleh jauh dari target yang direncanakan, maka hal itu kata Udin, merupakan sebuah kewajaran, mengingat usia taekwondoin Pengkab TI Karimun ini masih sangat muda, sebab baru terbentuk pada tahun 2015 lalu yang seyogiyanya masih sangat memerlukan bimbingan, arahan serta tunjuk ajar, agar lebih mantap lagi menapak kedepannya.

Kendati demikian, ia memohon doa dan restu para Tuan dan Puan Guru serta masyarakat Karimun umumnya, semoga apa yang ditargetkan itu dapat tercapai, sehingga mengharumkan Karimun di Ibukota Jakarta tersebut.

"Kami mohon doa serta restunya, semoga atlet yang berjuang ini pulang dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun dengan membawa marwah dan kebanggaan bagi masyarakat Karimun," tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, dalam sambutannya menyampaikan merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Karimun, atas prestasi yang telah dicapai oleh atlet-atlet Taekwando yang dapat mengikuti event-event di tingkat nasional.

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Karimun memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Manager, pelatih, dan atlet-atlet semoga di turnamen Bharaduta Open 2017, yang diadakan di Jakarta Timur dapat meraih kemenangan, saya berharapa kepada para atlet jangan mengedepankan emosional ketika bertanding namun tingkatkan prestasi yang profesional," kata Anwar Hasyim saat melepas atlit-atlit taekwando di Rumah Dinas Bupati.

Editor: Gokli