Menggugah Selera, d'penyetz Batam Sajikan Beragam Kuliner Ayam
Oleh : Suci Rahmadani
Rabu | 27-09-2017 | 17:14 WIB
ayam-penyet1.jpg
Pegawai d'penyetz Batam ini menunjukkan salah satu kuliner berbahan dasar ayam (Foto: Suci Rahmadani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Makanan olahan ayam memang sudah tidak asing lagi bagi lidah kita. Di setiap daerah bahkan mempunyai menu khas yang menggunakan ayam.

Direktur d'penyetz Batam, Nitrogenius Putra, menjelaskan, bahwa di daerah Jimbaran, Bali, juga mempunyai menu khas yang berasal dari bahan baku ayam. Makanan ini disebut dengan 'ayam bakar Jimbaran', tentu akan menambah sederet kuliner yang ada di Batam.

"Ayam bakar Jimbaran Bali d'penyetz Batam memang disesuaikan dengan resep yang ada di sana. Tetapi kita modifikasi agar sesuai dengan lidah lokal. Bumbu bakar hingga sambal mengikuti khas dari jimbaran Bali," katanya, Rabu (27/9/2017).

Menurutnya, sambal ayam bakar jimbaran cenderung pedas dan kaya dengan rempah-rempah. Ayam bakar yang kaya akan rempah-rempah akan meresap hingga ke bagian dalam daging ayam. Sedangkan mengenai rasa ayam bakar, cenderung tidak terlalu pedas, namun berasa manis dan sedikit ada rasa asamnya.

Kendati demikian, untuk yang doyan pedas, bisa dinikmati dengan sambal khas jimbaran pula. Menu makanan ini akan membuat Anda terpuaskan untuk merasakan makanan khas dari Bali tersebut.

Selain ayam bakar jimbaran, ada beberapa menu lain yang tidak kalah rasanya. Mulai dari ayam penyet asli, ayam sambal hijau, ayam sambal balado, ayam rica-rica, ayam sambal tiga rasa, ayam bakar saus madu, ayam tauco Medan, ayam sambal jontor dan masih banyak lainnya yang tentu tidak kalah menarik.

"Kami menggunakan ayam pilihan dengan konsisten berat 7-8 ons. Jadi ayam empuk. Kami juga memberikan standar yang cukup tinggi dari rasa dan kelembuatan. Tentu juga menggunakan bahan terbaik untuk ungkap, serta waktu untuk mengungkap. Di area produksi, ayam digoreng dan dirasa terlebih dahulu agar tetap konsisten dengan rasanya," Jelasnya.

Tidak hanya ayam, tetapi juga dari segi sambal akan dilakukan pengecekan tiga kali dalam sehari. Bahan baku yang digunakan juga konsisten dan bahan baku pilihan pula. sehingga sambal fresh dan tetap konsisten di empat outlet d'penyetz yang ada di Batam.

Ada beberapa menu baru dari d'penyet, yang diharapkan akan dikeluarkan segera. Seperti ayam bakar saus mentega, ayam geprek cabe merecon, ayam geprek mozarela, ikan pindang asam pedas, ayam sambal bawang, ayam sambal bajak ebi, nasi goreng variasi sambal, nasi goreng nusantara, bisteak ayam fillet, nasi goreng seafood, nasi goreng Singapura, capcay goreng, dan es krim goreng.

Minuman yang tidak kalah nikmatnya katanya lagi adalah es cendol. Cendol diproduksi sendiri dan es cendol favorit adalah es cendol original dan es cendol durian.

Menu Paket Ekonomis Paheno A dan Paheno B

Untuk paheno A terdapat dua ayam penyet, dua nasi, satu sayur asam, tahu telor, kerupuk bawang dan terdapat satu pilihan sayur yang ada di menu, kecuali sayur baby kailan. Sedangkan paheno B untuk empat ayam penyet, empat nasi, dua kerupuk bawang, dan yang lain sama dengan menu paheno A. Harga makanan dimulai dari harga Rp16 ribu - Rp58 ribu.

d'penyetz yang ada di Batam sudah ada sejak Mei 2016. Terdapat beberapa outlet seperti Mega Mall lantai 2, BCS Mall lantai 3, Nagoya Hill Mall lantai 2, Ruko Anugrah Mas Bengkong Ratu no 6,7 dan 8. Dibuka setiap hari dari pukul 10.00 Wib - 22.00 Wib.

Editor: Udin


BNN-KEPRI