Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Posisi Tidur yang Bikin Otak Cemerlang
Oleh : Redaksi
Jumat | 22-09-2017 | 13:02 WIB
ilustrasi-tidur1.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Posisi tidur setiap orang berbeda-beda. Ada yang telentang, tengkurap, menyamping, atau meringkuk. Faktanya, posisi tubuh ketika tidur bisa memengaruhi kepribadian dan kesehatan kita, termasuk kesehatan otak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menyebutkan, ternyata tidur menyamping lebih memungkinkan otak membuang racun dalam tubuh, loh!

Selain itu, risiko alzheimer dan penyakit neurologis lainnya pun berkurang. Kemudian, posisi menyamping atau telentang bisa mendukung tulang belakang dan leher. Bahkan dalam jangka panjang, dua posisi tidur ini bisa mencegah cedera.

Dari penelitian lain, ditemukan bahwa lebih sedikit orang dengan posisi tidur menyamping yang terbangun di malam hari karena mengalami sakit leher, bahu, atau lengan dibanding dengan orang yang tidur dengan posisi lain.

Terbukti pula bahwa menyesuaikan posisi tidur penting untuk mencegah penyakit neurologis. Contohnya, banyak kasus demensi terbukti berkaitan erat dengan kasus gangguan tidur. Gangguan tersebut terjadi karena racun di dalam otak tidak dikeluarkan dengan benar.

Kondisi ini nantinya juga bisa meningkatkan risiko kita kehilangan memori dan menderita alzheimer.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha