Ini Rahasia Membuat Kulit Risoles yang Tidak Mudah Sobek
Oleh : Redaksi
Kamis | 21-09-2017 | 14:50 WIB
kulit-risole1.gif
Kulit risole. (Foto: Resep Masakan Nusantara)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ingin membuat kulit risole agar tidak mudah sobek ternyata tidak sulit kalau tahu rahasianya. Yang terpenting ketika membuat kulit risoles yang tidak mudah sobek dan lentur adalah membuat ketebalan yang pas.

Kulit risoles sendiri dibuat dari campuran tepung, air, telur, dan garam. Agar nantinya ketika digoreng tak lengket di wajan, kita bisa menambahkan mentega atau margarin yang dicairkan.

Kemudian agar kulitnya enak, kita bisa menambahkan susu cair, bukannya air putih biasa. Agar tak modeh sobek, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat kulit risoles.

Agar mudah dibentuk dan dilipat, kulit risoles haruslah tipis. Jika terlalu tebal, bisa-bisa nanti malah menjadi kue dadar. Adonan yang terlalu kental akan sulit dialirkan ke seluruh bagian wajan datar. Bahkan, bisa saja ketebalannya tak merata.

Hal yang perlu diperhatikan:

1. Lentur
Agar lentur, kulit risoles harus dimasak hingga sedikit basah, jangan sampai menguning dan kering. Jika kandungan cairannya sedikit, kulit risoles bisa rapuh dan mudah sobek.

2. Berbahan Tepat
Umumnya, kulit risol kita buat dari tepung terigu. Bila dikombinasikan dengan sagu atau maizena, adonan akan menjadi lebih kuat lagi, loh. Lalu ingat, jangan menggunakan telur terlalu banyak agar adonan tidak berpori.

3. Perhatikan pula cara mendadar kulit risoles.
Gunakan api dengan besar sedang, jangan gunakan api kecil agar kulit tidak kering dan kecokelatan. Jangan tutup wajan ketika menggoreng, ya.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha


BNN-KEPRI