Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Sebabnya Ibu Hamil Terlihat Cantik
Oleh : Redaksi
Sabtu | 16-09-2017 | 13:02 WIB
Ilustrasi-ibu-hamil1.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pernahkah Anda melihat wanita yang terlihat semakin cantik ketika sedang hamil? Salah satu cirinya adalah kulit yang tampak bercahaya.

Sebagian orang menganggap perempuan kelihatan cantik saat hamil hanya mitos. Namun, berdasarkan kajian medis, ibu hamil memang akan terlihat lebih cantik.

"Volume darah ketika hamil meningkat 50 persen, menyebabkan pipi berawarna kemerahan karena pembuluh darah yang membesar tepat di bawah permukaan kulit," kata dokter kulit Patricia Wexler. Faktor lain adalah meningkatnya hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan sekresi hingga kulit tampak licin dan bercahaya bak lilin.

Namun, pada beberapa kasus, kehamilan justru menimbulkan masalah kulit, seperti muncul jerawat pada dua trimester pertama karena meningkatnya hormon androgen dan sebum.

Pada beberapa kasus, pil kontrasepsi yang berhenti dikonsumsi atau obat jerawat yang terpaksa berhenti diminum menjadi penyebabnya. "Intinya, jika kulit Anda rentan berjerawat, kemungkinan besar kondisi kulit akan semakin buruk akibat hormon androgen ini," ujarnya.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha